Jalan di Sarolangun Longsor, Akses Masyarakat Lumpuh

SAROLANGUN – Musim hujan yang terus mengguyur setiap daerah Provinsi Jambi, mengakibatkan beberapa ruas jalan poros di Kabupaten Sarolangun lumpuh total. Salah satunya, di kawasan Bukit Rayo.

Tingginya intensitas hujan ini membuat 11 titik ruas jalan poros Provinsi Jambi yang berada di Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun ini, mengalami longsor.

Baca juga : Penambang Pasir Bikin Longsor, Warga Sekernan Datangi DLH

Dikutip dari Penajambi.co Kapolres Sarolangun AKBP Deny Heryanto melalui Kapolsek Batang Asai, IPTU Ebon A Lingga mengatakan kejadian tersebut diperkirakan terjdi pada subuh dini hari, Senin (03/02/2020) sekitar pukul 05:00 Wib.

”Ada sekitar 11 titik sepanjang ruas jalan poros, yang menjadi akses warga menuju Ibu Kota Kabupaten, namun yang paling parah itu di tikungan leter S Bukit Rayo. Kejadiannya tadi pagi sekitar pukul 05:00 Wib ” Kata IPTU Ebon melalui selulernya.

Ia menambahkan, saat ini jalan tersebut belum bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, sebab puing reruntuhan tanah cukup tebal dan sulit dibersihkan secara manual.

Oleh karena itu, sementara inj pihaknya bersama pihak TNI yakni koramil dan pemerintah setempat, telah bekerjasama mencari solusi agar jalan tersebut bisa segera dilalui warga.

”Sudah kita hubungi, alat berat sudah di jalan. Tapi kendalanya sakarang wilayah Limun Pulau Pandan dan Muara Limun banjir, jadi agak terkendala proses mobil angkut alat berat kesini. Mungkin cukup lama menunggu air surut,” terangnya.

Selain, penyebab lumpuhnya jalan tersebut, bukan hanya karena tanah yang longsor, akan tetapi kayu-kayu yang ada disekitar pun ikut runtuh.

Bahkan beberapa batang tiang listrik pun ikut tumbang akibat longsor tersebut, sehingga berdampak pada jaringan menuju kecamatan.

”Tidak hanya kayu dan tanah saja pak, tiang listrik PLN juga roboh, kami himbau agar pemerintah segera membantu warga disini, apalagi persoalan listrik penting sekali,” pungkasnya. (Red)

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033