Dramatis, Indonesia Raih Emas Sepakbola Setelah 32 Tahun

OLAHRAGA – Indonesia berhasil menjadi juara usai mengalahkan Thailand 4-2 lewat laga penuh dramatis. Fajar dan kawan-kawan merebut emas setelah 32 tahun berkuasa

Pertandingan final cabor sepak bola putra SEA Games 2023 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam penuh dramatis

Indonesia mengambil inisiatif menyerang sedang awal permainan. Beberapa peluang berhasil diciptakan Indonesia. Sementara Thailand lebih mengandalkan serangan balik dengan umpan-umpan direct.

Di menit ke-20, Indonesia akhirnya berhasil membuka keunggulan 1-0 lewat tandukan Ramadhan Sananta usai meneruskan umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga.

Gol ini bermula dari lemparan ke dalam yang dilakukan Alfeandra Dewangga dari sisi kanan area penyerangan. Dewangga melakukan lemparan jarak jauh ke kotak penalti yang mampu disundul Sananta.

Bola yang disundul Sananta mengarah ke gawang Thailand lalu mengenai bagian paha bek Gajah Perang, Songchai Thongcham yang masuk ke gawang sendiri.

Pada menit ke-35 Indonesia kembali mampu mengancam gawang Thailand lewat tembakan keras dari Witan Sulaeman di sisi kiri. Namun tembakan Witan masih mengarah tepat ke penjaga gawang Thailand.

Pada menit ke-45+4, Indonesia berhasil menambah gol lewat sontekan Ramadhan Sananta meneruskan umpan jarak jauh Rizky Ridho berhasil mengelabui kiper Thailand. Pemain Thailand sempat melakukan protes karena menilai tendangan Rizky Ridho bola fair play, tapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Di menit ke-54 Indonesia mampu mengancam gawang Thailand lewat tendangan bebas langsung yang dieksekusi Marselino Ferdinan. Namun tembakan Marselino masih terlalu lemah dan melenceng di sebelah kanan tiang gawang Thailand.

Pada menit ke-66, Thailand mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat tandukan Anan Yodsangwal usai meneruskan umpan sepak pojok yang dilepaskan rekannya.

Bersiap menang SEA Games 2023 sekaligus meraih medali emas dari cabor sepak bola SEA Games 2023, Indonesia malah kebobolan di menit akhir menjadi 2-2.

Penantian panjang, tampak membutuhkan waktu dan perjuangan lebih dari timnas.

Babak tambahan waktu, Indonesia lebih dulu unggul. Skor menjadi 3-2.

Pertandingan semakin memanas dengan 10 pemain Indonesia dengan 10 pemain Thailand. Hujan kartu terjadi, membuat Thailand harus bermain dengan 9 pemain.

Indonesia yang unggul jumlah pemain tak mau menyiayiakan. Marselino dan kawan-kawan menguasai laga dan membuat 4 peluang.

Babak kedua, Indonesia kembali unggul 4-2 dari gol Fajar setelah serangan terus menerus yang dilakukan. Thailand makin babak belur dengan permainan kerasnya, lantaran wasit kembali mengeluarkan pemainnya.

Bermain dengan 8 pemain, Indonesia menambah gol kembali. Kali ini Beckham menambah gol ke 5 Indonesia, menjadi 5-2.

Kemenangan Indonesia ini mengakhiri penantian panjang setelah terakhir juara SEA Games pada 1991. Indonesia menjadi juara setelah berpuasa 32 tahun.

Thailand tercatat 16 kal juara, Indonesia menjadi 3 kali juara

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube