Atasi Sampah Bertebaran, Merangin Butuh 8 Alat Ini

BERITA MERANGIN – Masalah sampah di beberapa titik di Kabupaten Merangin, patut jadi perhatian. Merangin butuh 8 alat ini untuk atasi sampah berteberan.

Terpantau, masalah sampah ini terjadi lantaran kekurangan Tempat Pembuangan Sampah (TPS), hingga prilaku dan kesadaran menjaga kebersihan.

Tingginya produksi sampah khususnya rumah tangga, turut menambah persoalan pada sampah ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merangin, Syafrani mengatakan perlunya kesadaran masyarakat terhadap sampah ini. Peranan lurah dan kades, perlu ditingkatkan pula.

“Yang penting sosialisasi dari lurah dan kades. Kita Sudah menyiapkan TPS, tapi sampah dibuang sembarang dan bertumpuk-tumpuk,” katanya, Selasa (13/2/2024).

Belakangan, sambung mantan Kepala Dinas Perhubungan Merangin itu, sampah tidak hanya dari rumah tangga saja. Namun juga kayu, batu, besi dan lain sebagainya dibuang di TPS.

Butuh Amrol

Lantaran hal itu, Syafrani mengatakan Merangin butuh setidaknya 8 Amrol, TPS yang bisa diangkat dan dibawa. Amrol adalah tempat sampah  berbentuk bak, kontainer.

“Amrol ini bisa diangkat, dipindahkan. Bisa dibawa dan muatan lebih banyak,” katanya.

Dengan bisa dipindah, mobilitas Amrol ini dapat menampung sampah pada waktu dan kebutuhan tertentu di suatu tempat.

Selain itu, menjadi solusi terutama pada sampah yang berserakan di TPS yang sering terjadi. Baik dari pembuangan sampah, atau akibat pemulung.

Baca Juga : Libur, Sampah di Kota Bangko Malah Berserakan

“Sampah ini punya nilai ekonomi. Terkadang pemulung mengambil sampah hingga beserakan. Ditinggal begitu saja, tidak dikumpulkan lagi. Nah kalau dengan Amrol, sampah tetap berada di tempatnya, karena terkunci di bak pembuangan,” terangnya.

Merangin sendiri, memiliki 3 unit armada untuk mengangkut Amrol tersebut. Namun Merangin, tidak memiliki Amrol tersebut.

Syafrani mengaku, pihaknya sudah mendorong kebutuhan Amrol ini dapat terpenuhi. Namun sayangnya, anggaran tersebut belum tersedia atau dialokasikan.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube