Atas Dugaan Pelanggaran UU ITE, Iqbal Adek Resmi Dilaporkan

MERANGIN – Postingan komentar akun Iqbal Adek di group facebook Suara rakyat merangin, kemarin Minggu (16/9) tampaknya bakal berbuntut panjang oleh wartawan Kabupaten Merangin.

Aidi Saputra, warga Jelatang, Pamenang, diduga pemilik akun dinilai melecehkan jurnalis kabupaten Merangin khususnya, dan Indonesia umumnya.

Di mana ia mengatakan kata-kata tidak pantas terhadap jurnalis dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Berikut postingan komentar nya :

“ LSM wartawan dan media-media lainnyo lah dikasih makan tainyo, sehinggo bungkam. LSM wartawan hanya mementingkan diri sendiri dan hanya mampu meresahkan rakyat kecil dgn cara membuat kegaduhan” (dirilis tanpa editing).

Tak hanya itu, masih dari akun facebook Iqbal Adek yang membalas komentar lain-nya, “ Saya belum pernah kenal sama wartawan atau LSM yang tidak mau dikasih uang, mereka akan menolak jika nominalnya kecil” (juga dirilis tanpa editing).

Pantauan Dinamikajambi.com, karena postingannya, Aidi Saputra dipolisikan oleh puluhan jurnalis dari berbagai organisasi pers (Forwam, IJM, IWO, dan Join) di Kabupaten Merangin.

Daryanto alias Bule, salah satu jurnalis lokal, resmi memolisikan Aidi pada hari ini, Senin (17/9).

“Kami dengan ini datang ke Mapolres Merangin untuk melaporkan Aidi Saputra terkait dugaan pelanggaran UU ITE (Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik),” kata Bule di Mapolres Merangin, Senin (17/9).

Menurutnya dengan postingan yang dibuat Aidi sudah menciderai jurnalis umumnya, pun begitu dengan LSM.

“Pernyataan (Aidi) itu tidak memiliki dasar yang kuat untuk menggeneralisir perilaku wartawan dan LSM di Merangin khususnya. Apalagi wartawan bagian dari pilar ke-4, bekerja di bawah UU Pers, dan kode etik jurnalis,” ujarnya.

Harapannya lanjut Bule, bisa memberikan efek jera terhadap masyarakat agar tidak main dengan tulisan di media sosial tanpa dasar yang jelas.

“Secara pribadi permintaan permintaan maaf Aidil sudah kita terima, namun secara profesi laporan ini tetap berlanjut,” pungkasnya.

Diketahui, keabsahan ini tertuang dalam laporan polisi No. STPL/234/IX/2018/RES MERANGIN/SPKT.

(Cra)

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033