Kerinci Dominasi Ribuan Pencari Kerja, Negara Ini Paling Primadona

JAMBI – Lapangan pekerjaan yang terbatas serta tingginya angka pencari kerja disuatu daerah, menjadi penyebab bagi sebagian warga didaerah tersebut lebih memilih mengadu nasib di negeri orang meskipun harus jauh dari sanak keluarga. Namun, menjadi pekerja di negeri orang masih menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Di Provinsi Jambi sendiri sudah ada ribuan tenaga kerja yang memilih mengadu nasib di negeri luar sepanjang 2 tahun terakhir.

“Dari tahun 2016 hingga September tahun ini jumlahnya mencapai 3620,” kata Fauzi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jambi saat ditemui Dinamika Jambi diruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

Dikatakan Fauzi, angka tersebut terdiri dari warga Provinsi Jambi yang berasal dari masing-masing kabupaten/kota. Namun yang terbanyak berasal dari Kabupaten Kerinci maupun Kota Sungai Penuh.

“Sepanjang tahun ini saja sampai dengan bulan September sudah ada 273 orang warga Kerinci yang memilih bekerja diluar negeri. Angka ini bisa saja bertambah mengingat (tahun 2017,red) masih ada 3 bulan lagi,” jelas Fauzi.

Ditanya negara apa saja yang menjadi pilihan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Provinsi Jambi untuk bekerja, Fauzi mengatakan ada beberapa negara diantaranya Hongkong, Singapura, Thailand juga Jepang dan beberapa negara lainnya.

“Namun yang paling banyak itu memilih Malaysia,” tutup Fauzi. (Tem).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *