5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

TIPS KITO – Jangan ragu menggunakan lidah buaya untuk rambut. Ada berbagai manfaat lidah buaya untuk rambut jika rutin melakukannya.

Lidah buaya merupakan tanaman berdaun tebal dengan zat seperti gel di dalamnya. Gel lidah buaya membantu mendinginkan dan menenangkan kulit, itulah sebabnya terkadang digunakan untuk mengobati luka pada kulit.

Mengutip dari Healthline, gel lidah buaya tak hanya digunakan sebagai penyembuh luka tapi juga kecantikan. Salah satunya manfaat lidah buaya untuk rambut.

Baca Juga : Viral Penampakan Ikan Pesut di Lautan

Kamu bisa menggosokkan lidah buaya ke kulit kepala dan membiarkannya menembus folikel rambut. Ini bisa membantu memperbaiki rambut yang rusak dan kering.

1. Mencegah Munculnya Ketombe

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut bisa membantu menenangkan kulit kepala saat gatal karena ketombe. Sebuah studi pada 1998 menemukan bahwa lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi. Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa menjadi solusi bagi kamu yang sering berketombe.

2. Manfaat Lidah Buaya Membuat Rambut Lebih Lembut

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa membuatnya lebih lembut. Lidah buaya mengandung humektan, zat yang mengurangi hilangnya kelembapan dan memiliki kemampuan untuk menarik kelembapan dari lingkungan ke dalam kulit serta rambut.

“Untuk rambut, Anda akan melihat peningkatan kelembutan dan mudah ditata,” ujar Tonya Lane, seorang ahli kimia kosmetik, seperti dilansir dari Eating Well.

3. Memperkuat dan Memperbaiki Helaian Rambut

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi pada pergantian sel, mendorong pertumbuhan sel yang sehat, dan rambut berkilau.

Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat menjaga rambutmu agar tidak rontok.

Lidah buaya memiliki kandungan kolagen yang tinggi dan dingin. Manfaat lidah buaya untuk rambut juga bisa memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

4. Rambut Lebih tebal

Ketika kulit kepala telah dibersihkan dengan lidah buaya, kamu mungkin melihat bahwa kerusakan dan kerontokan rambut telah teratasi. Hal ini membuat banyak orang mengklaim bahwa lidah buaya menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat.

Meski demikian, hanya ada sedikit bukti klinis untuk membuktikan atau menyangkal klaim tersebut.

5. Menenangkan Iritasi

Sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan penyembuhan luka lidah buaya dapat membantu meningkatkan dermatitis seboroik (suatu kondisi yang sangat mirip dengan ketombe, tapi dengan gejala yang lebih ekstrem, seperti sisik kulit besar, berminyak, keabu-abuan, putih, atau kuning, dan bercak berkerak).

“Karena sifat anti-inflamasi tersebut, lidah buaya membantu mengurangi banyak gejala, seperti gatal, kulit kepala kering, dan iritasi,” ujar Krupa Koestline, seorang ahli kimia kosmetik, seperti dikutip dari Cosmopolitan.

redaksi

Kontak kami di 0822 9722 2033 Email : Erwinpemburu48@gmail.com Ikuti Kami di Facebook, Instagram dan YouTube