1189 Truk Menyalahi Aturan di Jambi, Mayoritasnya Tak Miliki Surat Lengkap

JAMBI – Sepanjang tahun 2018, ada sebanyak 1189 truk yang menyalahi aturan, telah ditindak oleh Dinas Perhubungan Kota Jambi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Shaleh Ridho saat dikonfirmasi melalui pesan whatshapp, Jumat (7/12/18).

“Terakhir sampai dengan sidang 7 Desember sebanyak 1189 kendaraan yang telah ditindak,” katanya.

Dirinya mengatakan bahwa pelanggaran tersebut, mayoritasnya adalah kendaraan truk yang tidak melengkapi surat kendaraan, dan yang bertonase melintas di jalur larangan.

“Mayoritas kendaraan yang tidak lengkap surat-suratnya, seperti bukti uji layak jalan kendaraan, uji berkala kendaraan bermotor, selanjutnya kendaraan tonase besar yang melintas di jalur larangan,” tambahnya..

Selain itu, Ridho menjelaskan bahwa Pada saat penindakan, pihaknya sudah menyampaikan kepengemudi, atau pemilik kendaraan untuk melengkapi surat kendaraan. Demi menjaga keamanan dan keselamatan dijalan saat berkendaran.

Disisi lain, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada pengendara, bahwa telah dipasang rambu larangan masuk untuk kendaraan yang melebihi ketentuan di pintu masuk kota.

“Untuk kedepannya, akan diberi sosialisasi kepada pemilik ekspedisi yang ada di kota Jambi tentang larangan masuk kota untuk kendaraan tonase lebih, dimana muatan yang bertonase lebih harus bongkar muat di terminal angkutan barang paal 10,” paparnya.

Lebih lanjut, disampaikannya juga bahwa dalam penindakan angkutan kendaraan, kedepannya pihak Dishub akan mengevaluasi kinerja personilnya dan juga akan melaksanakan kerjasama baik dari kepolisian, dan denpom.

“Personil akan diperkuat dengan melaksanakan kerjasama pada saat penindakan dengan pihak-pihak terkait seperti kepolisian, denpom, namun bukan hanya disaat penindakan tapi pada saat pengawasan rutin juga akan dilaksanakan giat gabungan,” pungkasnya.  (Nrs)

Redaksi Dinamika Jambi

Kontak kami di 0822 9722 2033