Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mundur dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) tbk.

Sempat Heboh, Rektor UI Ari Kuncoro Akhirnya Mundur Dari Komisaris BRI

Nasional

NASIONAL – Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mundur dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) tbk.

Informasi ini di sampaikan BRI, dalam surat nomor B.118-CSC/CSM/CGC/2021 tertanggal 22 Juli 2021. Dan di tampilkan dalam keterbukaan informasi BRI, kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga : Idul Adha, Waka DPRD Kota Jambi Sampaikan Pesan Ini

“Pengunduran diri Sdr. Ari Kuncoro dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan. Tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Emiten atau Perusahaan Publik,” tulis Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto, Kamis (22/7/2021).

Selain itu, Rangkap jabatan Ari Kuncoro, belakangan menjadi polemik. Sebab di anggap mahasiswa dan Ombudsman RI, melanggar Pasal 35 huruf c Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68, tentang Statuta UI.

Alih-alih mendengarkan masukan mahasiswa dan ombudsman, Presiden Jokowi justru mengubah pasal Statuta UI tersebut.  Rektor UI boleh rangkap jabatan di BUMN, asal bukan jabatan direksi melalui PP No. 75 tahun 2021.

“Sungguh ironis, pelanggaran hukum, yang seharusnya di tindak dengan tegas malah di selesaikan dengan mengubah peraturan hukum terkait. Bukankah miris melihat hal tersebut terjadi di negara yang “katanya”, negara hukum?” tulis BEM FH UI dalam kajiannya.

Rektor Boleh Rangkap Jabatan

Sebelumnya, Rektor UI Ari Kuncoro boleh rangkap jabatan menjadi komisaris BUMN. Statuta UI telah di sahkan oleh Presiden Jokowi pada 2 Juli 2021 lalu. Lewat PP Nomor 75 Tahun 2021. Aturan baru ini menggantikan PP Nomor 68 Tahun 2013, tentang Statuta UI.

Perubahan itu berimbas pada bolehnya Rektor UI merangkap jabatan, terletak pada Pasal 39 Statuta UI yang baru. Pasal 39 di sebutnya, mengubah ketentuan pada Pasal 35 statuta yang lama.

Selanjutnya, Pasal 35 dalam PP Nomor 68 Tahun 2013, tentang Statuta UI memuat aturan yang melarang Rektor. Di mana,  “Merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.”

Berita lain : MPW Pemuda Pancasila Salurkan Kurban Dari Gubernur Jambi

Terakhr, Rektor UI saat ini, di ketahui juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama/Independen BRI. Kemudian, Profil Ari Kuncoro sebagai wakil komisaris utama/independen, masih terpampang di website resmi BRI hingga saat ini.

 

Sumber : Suara.com