Presiden Jokowi akan memberikan kelonggaran pemberlakuan PPKM darurat, hingga mengizinkan untuk pelaku usaha kecil, menengah untuk buka lagi.

Presiden Jokowi Akan Longgarkan PPKM Darurat, Pelaku Usaha Buka Lagi

Nasional

NASIONALPresiden Jokowi akan memberikan kelonggaran pemberlakuan PPKM Darurat, hingga mengizinkan untuk pelaku usaha kecil, menengah untuk buka lagi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melonggarkan PPKM Darurat pada 26 Juli 2021. Ini akan terjadi,  jika kasus COVID-19 mengalami penurunan.

Baca juga : Hebat, Mahasiswa FKIP Universitas Jambi Terbitkan Sebuah Novel Inspiratif

Selain itu, Pelonggaran juga akan di lakukan di sejumlah sektor, seperti pasar hingga tempat makan.

“Pasar tradisional yang kebutuhan pokok sehari-hari, di izinkan di buka hingga pukul 20.00. Kapasitas pengunjung 50 persen. Pasar tradisional yang jual non kebutuhan pokok, di izinkan sampai pukul 15.00, dengan kapasitas maksimal 50persen,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/7/2021).

Jokowi juga mengatakan, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi hal utama. Kemudian pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen, hingga tempat potong rambut juga bisa buka hingga pukul 21.00.

“Laundry, pedagang asongan, bengkel dan usaha kecil lainnya sejenis di izinkan buka. Namun dengan protokol kesehatan sampai pukul 21.00, yang pengaturan teknisnya diatur pemerintah daerah,” ujarnya.

Berita lain : Refocusing Anggaran Jambi, Ketua Komisi II Beri Warning Soal Bansos

Kemudian tempat makan dan lapak jajanan, juga bisa buka dengan protokol kesehatan ketat, hingga pukul 21.00. Sedangkan, waktu makan di tempat maksimal 30 menit.

“Warung makan pedagang kaki lima lapak jajanan dan sejenisnya. Dan tempat usaha di ruang terbuka di izinkan buka, dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00. Kemudian maksimum waktu makan pengunjung 30 menit,” tutur Jokowi.

 

Sumber : Detik.com