Ada banyak cara yang bisa di lakukan oleh masyarakat untuk membantu sesama. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan berwakaf. Saat ini, di Indonesia memberikan Anda kemudahan untuk mewakafkan uang, guna membantu ekonomi umat. Apa Itu Sertifikat Wakaf Uang?

Apa Itu Sertifikat Wakaf Uang?

Berita Bisnis Featured Opini

ARTIKEL – Ada banyak cara yang bisa di lakukan oleh masyarakat untuk membantu sesama. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan berwakaf. Saat ini, di Indonesia memberikan Anda kemudahan untuk mewakafkan uang, guna membantu ekonomi umat. Apa Itu Sertifikat Wakaf Uang?

Indonesia merupakan negara dengan umat muslim terbesar di dunia. Oleh karena itu, masyarakat bisa melakukan investasi akhirat, salah satunya dengan berwakaf dengan mudah dan jelas di lembaga resmi.

Cara Mendapatkan Sertifikat Wakaf Uang

Apa Itu Sertifikat Wakaf Uang? Wakaf bisa menjadi salah satu investasi yang akan bermanfaat di dunia dan akhirat. Anda tidak harus berwakaf dengan jumlah uang yang banyak. Jika Anda ingin mewakafkan uang dan ingin mendapatkan sertifikat wakaf uang, maka ada syarat yang harus di penuhi.

Baca juga : Kisah Pilu Tukang Urut di Jambi, Uang dan Motor Hingga Anak Perempuannya Di bawa Kabur

Syarat untuk bisa mendapatkan sertifikat wakaf uang adalah, Anda harus mewakafkan uang minimal Rp 1.000.000. Setelah mewakafkan uang tersebut, maka Anda akan mendapatkan sertifikat wakaf uang dan terdaftar sebagai Wakif atau orang yang berwakaf.

Cara Melakukan Wakaf Uang

Jika ingin berwakaf, maka sebaiknya melalui badan resmi. Dengan begitu, uang akan dapat di manfaatkan secara optimal untuk kemaslahatan umat. Anda bisa menyetorkan uang kapanpun, melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang, yaitu:

Berikut Lembaga keuangan syariah penerima Wakaf uang :

Bank Muamalat Indonesia
Bank Syariah Indonesia
BTN Syariah
Bank DKI Syariah
BJB Syariah
Bank CIMB Niaga Syariah
Bank Mega Syariah
Panin Bank Syariah
Bank Syariah Bukopin
BPRS HIK
BPD Jogja Syariah
Ada BPD Kalbar Syariah
Juga BPD Jateng Syariah
BPD Jatim Syariah
BPD Sumut Syariah
Bank Sumsel Babel Syariah
BPD Kepri Riau Syariah
Bank Kalsel Syariah
Selanjutnya, Bank Danamon Unit Usaha Syariah
Bank Kaltim Kaltara Unit Usaha Syariah
Kemudian, Bank Permata Unit Usaha Syariah
BPRS Al Salam
lagi, BPRS Bina Rahmah
BPRS Mitra Usaha Amal Mulia
BPD Sumatera Barat (Bank Nagari)
(data per Juni 2021)

Penyetoran uang bisa di lakukan dengan sangat mudah. Saat ini Anda bisa melakukan wakaf dari rumah dengan melakukan transfer. Anda tidak perlu merasa khawatir jika nantinya uang akan berkurang. Uang yang di wakafkan akan digunakan untuk berbagai macam investasi sehingga jumlahnya nanti akan bertambah.

Pengelolaan wakaf uang juga dilakukan secara transparan dan profesional. Uang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga prasarana ibadah. Wakaf uang bisa menjadi salah satu bentuk investasi akhirat yang bisa dilakukan. Di zaman yang modern ini, Anda tidak akan kesulitan lagi atau bingung mencari lembaga wakaf yang terpercaya.

Keutamaan Wakaf

Melakukan wakaf memiliki banyak keutamaan. Wakaf memiliki pahala yang sangat besar karena nantinya bisa membawa kebaikan bagi wakif untuk kehidupan dunia dan akhirat, dan juga bisa mensejahterakan umat.

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR Muslim).

Hukum wakaf adalah seperti sedekah. Wakaf yang digunakan untuk keperluan umat Misalnya saja untuk pembangunan masjid, membangun sarana prasarana, atau bahkan membantu menyejahterakan umat akan diganjar oleh Allah dengan pahala yang terus mengalir.

Meskipun seseorang yang berwakaf sudah meninggal, pahala akan terus mengalir selama wakaf yang dilakukan tersebut masih memberikan manfaat. Anda bisa memiliki tabungan akhirat yang melimpah dengan melakukan wakaf uang.

Agar lebih yakin untuk melakukan wakaf uang, dapatkan informasi lengkap melalui Instagram.

HYPERLINK “https://www.instagram.com/literasizakatwakaf” Literasi Zakat Wakaf di @literasizakatwakaf atau channel YouTube

HYPERLINK “https://www.youtube.com/literasizakatwakaf” Literasi Zakat Wakaf. Di sana terdapat beragam informasi menarik mengenai wakaf.

Sumber : unsplash

https://www.bwi.go.id/cara-mudah-wakaf-uang/
https://www.bwi.go.id/5664/2020/11/10/keistimewaan-dan-keutamaan-wakaf/
https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2006/42TAHUN2006PP.HTM