Para milenial, Apakah ada seseorang yang kesulitan dalam mengelola keuangan? Jika iya, maka Anda membutuhkan yang namanya tips kelola keuangan khusus untuk anak muda yang aktif. Ini dia 5 Tips Kelola Keuangan Ala Milenial.

5 Tips Kelola Keuangan Ala Milenial

Berita Bisnis Featured Opini

BISNIS – Para milenial, Apakah ada seseorang yang kesulitan dalam mengelola keuangan? Jika iya, maka Anda membutuhkan yang namanya tips kelola keuangan khusus untuk anak muda atau milenial yang aktif.

Tips Kelola Keuangan Ala Milenial

Seperti diketahui, biasanya milenial memiliki jiwa konsumtif yang tinggi. Maka dari itu harus dibarengi dengan cara pengelolaan uang yang baik,  agar gaji bulanan tidak habis begitu saja. Nah Anda sepertinya memerlukan tips bagaimana mengatur atau kelola keuangan yang baik ala milenial.

1. Cek Rekening Secara Berkala

Milenial pada umumnya sudah memiliki tabungan secara mandiri. Untuk itu, agar Anda tidak membuat isi rekening tiba-tiba kosong, wajib untuk mengecek rekening secara berkala. Cek jumlahnya, jangan sampai habis begitu saja tanpa tersiksa.

Agar lebih efisien Anda bisa membuat target jumlah uang yang harus ada di rekening. Dengan cara ini Anda terpacu untuk memenuhi target tabungan dan berhenti untuk membeli barang yang tidak perlu. Ini juga menjadi salah satu cara Anda untuk disiplin terhadap diri sendiri.

2. Punya Dana Darurat

Kelola keuangan ala milenial untuk tidak melupakan yang namanya dana darurat. Dana darurat ini harusnya selalu ada dan tidak dipakai begitu saja untuk hal-hal yang tidak penting. Dana ini memiliki fungsi untuk keadaan darurat pada diri sendiri atau keluarga.

Misalnya Ketika Anda sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar, maka dana ini boleh digunakan. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk dana darurat, agar lebih disiplin maka bisa menentukan setoran dana darurat setiap bulan.

3. Membuat Daftar Pengeluaran

Hal ini tidak kalah penting bagi Anda yang kurang pintar dalam mengelola keuangan. Pencatatan setiap pengeluaran membantu anda  mengerti berapa biaya yang dikeluarkan setiap bulan.

Catat secara detail pengeluaran Anda. Ini membuat Anda bisa tahu kemana saja uang sudah dikeluarkan setiap hari.

4. Cari Cuan Tambahan

Mendapatkan uang kini tidak hanya terbatas ketika Anda bekerja pulpen di kantor saja. Cari cuan tambahan dengan skill yang Anda miliki. Mencari penghasilan tambahan membantu Anda untuk memiliki tabungan, jika memang gaji bulanan hanya cukup untuk menutupi biaya sehari-hari.

Anda bisa melakukan banyak hal untuk mencari uang tambahan. Bisa dengan berjualan hingga menjadi freelancer sesuai dengan passion Anda. Yang penting tidak mengganggu pekerjaan utama.

5. Lakukan Investasi

Melakukan investasi bisa jadi hal yang bagus untuk menghindarkan Anda dari keborosan. Namun sebelum itu Anda harus benar-benar belajar seluk beluk investasi, lalu pilih instrumen investasi mana yang tepat untuk diri Anda.

Dengan memilih investasi sesuai dengan kebutuhan, maka Anda bisa tahu mana investasi yang menguntungkan dan tidak. Apalagi kini berinvestasi bisa dilakukan dengan nominal yang cukup kecil mulai ratusan ribu saja.

5 poin di atas, tentu saja bisa Anda aplikasikan untuk kelola keuangan ala anak muda milenial.

Baca juga : Kenaikan Pertama Kali Pekan Ini, Berikut Harga Emas Per 21 Juni 2021

Nah bagi Anda yang belum memiliki dana darurat dan sedang membutuhkan dana secara cepat, maka bisa melakukan pinjaman online dari Tunaiku.

Aplikasi pinjaman online ini, memberikan banyak sekali kemudahan bagi Anda nasabah peminjam.

Pinjaman dana bisa di lakukan lebih cepat hanya membutuhkan persetujuan selama 24 jam. Selain itu, tenor pinjaman juga bervariasi yaitu mulai 6 bulan sampai 20 bulan. Anda bisa melakukan pinjaman dengan nominal maksimal pinjaman hingga 20 juta rupiah, dengan suku bunga yang rendah.

Suku bunga pada Tunaiku yaitu hanya 3 sampai 4%. Anda juga tidak akan dikenakan biaya provisi atau biaya pelunasan lebih awal. Dan lebih menariknya lagi, Tunaiku memungkinkan Anda melakukan pinjaman online tanpa harus memiliki kartu kredit.