Jalan Tol Jambi Hampir Tuntas, Ini Tahapan Pembangunannya

Berita Jambi

BERITA MUARO JAMBI – Tahap demi tahap pembangunan Jalan Tol Jambi berjalan. Hampir tuntas, Jalan Tol Jambi – Betung masuk tahapan pembangunan setelah identifikasi.

Yultasmi, Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi memaparkan hal itu, saat menjawab DinamikaJambi.com. Bilangnya, rapat dengan pihak terkait di BPN pekan ini sudah berjalan 90 persen.

“Identifikasi hampir selesai, tuntas. Ada beberapa kendala di rest area,” ungkapnya, Kamis (10/6/2021).

Tahap berikutnya, akan dibentuk tim untuk identifikasi lokasi dan pembebasan lahan. Tim itu, untuk lokasi trase II, jalur Jambi-Betung di Tempino.

Untuk informasi, Penetapan Lokasi (Penlok) jalan Tol Trans Sumatera di Kabupaten Muarojambi terdapat dua trase yakni Jambi-Betung dan Jambi-Rengat.

Masih dalam penjelasan Yultasmi, tim masih melakukan identifikasi dan langkah-langkah sesuai Penlok (Penetapan Lokasi,red) Kementrian dan juga Hutama Karya.

“Jadi di lapangan, harus pendataan ulang untuk mendapatkan data real. Data real terkait luasan tanah, kebun dan tanaman yang berada dalam luasan pembebasan lahan,” paparnya.

Lalu, bagaimana soal pembangunan fisik? Kapan akan berjalan? Yultasmi bilang, berdasarkan informasi pembangunan itu bisa berlangsung pada 2022 akhir. Itu setelah tahapan Jalan Tol Jambi seperti identifikasi oleh tim rampung.

“Tapi kalau dari Rengat, sudah mulai pekerjaan,” katanya.

Baca Juga : 4 Kecamatan di Muaro Jambi Bakal Dilalui Jalan Tol

Tambahan informasi Jalur Tol Jambi – Rengat sepanjang 190 km dengan penanggung jawab proyeknya PT Hutama Karya. Investasi untuk jalan tol itu mencapai Rp 25,36 triliun.

Wilayah terkena lintasan yakni di Kecamatan Jakuko ada dua Desa Pematang Jering, Pijoan. Sementara untuk Kecamatan Sekernan ada lima yakni Desa Tantan, Rantau Majo dan Gerungung. Lalu Desa Bukit Baling serta Desa Suka Awin Jaya.