Sebagian orang mungkin ingin melupakan nikmatnya nikotin pada rokok, namun tidak punya cara untuk berhenti. Nah, kali ini ada tips berhenti merokok menurut spesialis. Barangkali, ini bisa membantu.

Tips Berhenti Merokok Menurut Spesialis, Dijamin Ampuh

Tips Kito

TIPS KITO – Sebagian orang mungkin ingin melupakan nikmatnya nikotin pada rokok, namun tidak punya cara untuk berhenti. Nah, kali ini ada tips berhenti merokok menurut spesialis. Barangkali, ini bisa membantu.

Sebagaimana di ketahui, sebagian dari kita mungkin sudah pernah mencoba keluar dari belenggu candu roko. Akan tetapi bukannya berhasil, malah gagal dan gagal. Tapi jangan khawatir, tips berhenti merokok menurut dokter spesialis ini, dijamin ampuh loh. Bisa saja di coba.

Baca juga : Bakal Berduet Dengan PDIP di 2024, Begini Kata Politisi Gerindra di Jambi

Seperti di ketahui, Dokter spesialis penyakit Pandang Tedi Adriyanto berbagi tips berhenti merokok, bagi yang ingin melakukannya.

Dokter dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengakui, memang tidak mudah untuk berhenti merokok secara instan.

“Berhenti merokok memang tidak mudah dan instan, karena di butuhkan komitmen dan tekad yang kuat,” ujar Pandang, Sabtu (6/6).

Menurutnya, cara pertama untuk berhenti merokok, adalah mengelola stres terlebih dahulu. Sebab, hal tersebut kerap menjadi salah satu alasan, orang memilih untuk merokok.

Ia juga menjelaskan, bahwa seseorang menjadi rileks setelah merokok.

Redakan Ketegangan Atau Setres

Karena itu, carilah cara lain untuk meredakan ketagangan, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga.

“Di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres,” katanya.

Menghindari pemicu, bisa membantu upaya berhenti merokok, seperti tidak berkumpul dengan sesama perokok sehingga tidak tergoda untuk kembali mengisapnya.

Bila terbiasa merokok setelah makan, cari cara lain sebagai pengganti. Misalnya mengunyah permen karet, atau menggosok gigi.

Menurut Pandang, terhentinya asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok, merasa frustrasi. Sehingga sering membuat mereka gagal berhenti merokok.

Kemudian, bilangnya terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi, atau gejala putus obat tersebut.

Pun demikian, terapi penggantian nikotin sebagai salah satu cara berhenti merokok, bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah.

Selain itu, unsur nikotin yang di gunakan juga tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Salah satunya seperti yang terdapat di dalam rokok.

Berita lain : Isu Perokok Kebal Corona, WHO : Malah Sebaliknya

“Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh, untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin,” katanya.

Ia juga menyebutkan, bahwa media terapi penggantian nikotin beragam, seperti permen karet, plester yang di tempelkan pada kulit. Atau bahkan  tablet. Selanjutnya, bisa juga dengan cara di semprotkan ke mulut atau hidung.

Fokus

Konseling juga bisa jadi upaya berhenti merokok, agar seseorang bisa fokus pada strategi berhenti merokok. Terapi ini melibatkan konselor dalam sesi psikoterapi, bisa juga dalam sesi per kelompok.

“Untuk memaksimalkan keberhasilan, terapi ini dapat di padukan dengan terapi penggantian nikotin dan atau obat-obatan.” Ujarnya.

“Terapi perilaku ini tidak hanya dapat di lakukan sebagai cara berhenti merokok, namun juga untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Bahkan, perilaku seperti stres atau depresi,” timpalnya.

Selain itu, hipnosis dan akupuntur bisa juga dicoba. Cara berhenti merokok melalui hipnosis, di percaya dapat mengubah perilaku.

Hal ini lantaran saat di hipnosis, Anda merasa bisa lebih rileks, mampu berkonsentrasi, dan mau mendengarkan saran untuk berhenti merokok.

Oleh karena praktiknya yang berbeda-beda, cara berhenti merokok yang satu ini sulit di teliti efektivitasnya. Namun, sebagian orang mengaku telah merasakan manfaatnya.

Jika ingin mencoba, mintalah kepada dokter untuk merekomendasikan seorang terapis hipnosis profesional.

Sementara itu, penggunaan akupunktur sebagai cara berhenti merokok, biasa di terapkan pada bagian telinga.

Meski terapi alternatif ini belum terbukti efektif secara ilmiah, namun tidak ada salahnya mencobanya sesuai instruksi seorang terapis berlisensi. Alihkan juga hasrat akan nikotin dengan berolahraga.

Baca juga : Perokok Dan Vegetarian Berisiko Kecil Terinfeksi Virus Corona, Berikut Penjelasannya

Ketika ingin merokok, coba kenakan sepatu olahraga dan mulai jalan kaki, berlari, atau melakukan aktivitas fisik lain.

“Bergabung ke dalam klub kebugaran yang berisi orang-orang yang hidup sehat, juga dapat banyak membantu,” ungkapnya.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Kemudian, cara berhenti merokok dengan mengonsumsi pola makan sehat, adalah hal yang tak kalah penting. Selama masih terbiasa merokok, beberapa orang merasa kurang berselara makan. hal ini karena efek nikotin dan rokok terhadap indera perasa.

Saat berhenti merokok, menjalani pola makan sehat bisa menjadi langkah untuk memberi nutrisi tubuh, serta sebagai pengingat untuk menjalani gaya hidup sehat. Lingkungan juga tak kalah penting.

Terakhir, bersihkan rumah dari aroma rokok dan segala hal yang dapat mendukung Anda merokok dalam jumlah banyak. Cuci pakaian, sprai, karpet, atau tirai yang mengandung aroma rokok. Gunakan pengharum ruangan, untuk membantu menghilangkan bau asap rokok.

 

Sumber : Jpnn.com