Ketupat menjadi ikon menu saat Lebaran. Ingin masak ketupat buat hari raya? berikut tips dan 5 langkah membuatnya legit ala chef yang patut dicoba

5 Langkah Masak Ketupat Yang Legit Ala Chef

Tips Kito

TIPS KITO – Ketupat menjadi ikon menu saat Lebaran. Ingin masak ketupat buat hari raya? berikut tips dan 5 langkah membuatnya legit ala chef yang patut dicoba

Ketupat biasanya disantap dengan aneka kuah santan dari mulai rendang, opor, hingga sambal goreng kentang. Untuk menjamin cita rasanya, tentunya ketupat yang dikonsumsi sebaiknya harus legit dan pas kekenyalannya.

Executive Chef Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta Selatan, Chef Joko Hendrasto mengatakan cara memasak ketupat tentu ada tekniknya. Caranya bisa memasak memakai daun ketupat atau juga plastik.

“Beda ya kalau pakai plastik dan daun. Baiknya takaran atau perbandingan berasnya 3/4 kalau pakai daun. Namun pakai plastik itu 1/2 takarannya,” katanya saat berbincang dengan JawaPos.com baru-baru ini.

Baca Juga : Cari Resep Opor Ayam Buat Lebaran? Berikut Beberapa Resepnya

Lalu soal durasi membuat ketupat biasanya butuh waktu hingga 4 jam jika memasak dengan plastik. Dan butuh waktu dua jam dengan daun.

“Tipsnya, masukkan ketupat saat air di dalam panci sudah panas. Dan ada kalanya beras cuci bersih dulu lalu didiamkan beberapa saat sebelum ketupat dibuat, sehingga hasilnya bagus,” katanya.

5 Langkah Masak Ketupat Legit ala Chef

Langkah 1

Siapkan daun ketupat baik yang sudah instan atau masih harus diikat simpulnya. Kemudian siapkan juga beras kualitas premiun pandan wangi agar rasanya lebih legit dan enak. Lalu cuci beras dengan bersih sebelum masuk ke dalam daun ketupat.

Langkah 2

Sesuaikan takaran dengan jenis beras yang dipakai. Sebaiknya isi rongga daun ketupat sampai 3/4 isinya. Dan sisakan 1/4 riang agar jangan terlalu pera atau keras.

“Tak akan kelembekan atau keras jika isinya pas. Yang bagus itu perbandingannya 3/4 dan 1/4. Sehingga hasilnya pas,” jelas Chef Joko.

Langkah 3

Memasak ketupat sebaiknya dengan panci besar. Sehingga bisa membuat ruang ketupat lebih besar dan titik kematangan lebih merata. Lakukan selama 4 jam atau lebih. Semakin banyak porsi ketupat maka semakin lama juga waktunya.

Langkah 4

Setelah ketupat matang, sebaiknya ketupat di gantung atau di dinginkan dengan suhu ruang. Gantung di tempat yang kering sehingga ketupat bisa tahan 2 hari dalam suhu ruang.

Langkah 5

Potong ketupat dengan cara yang tepat. Caranya dengan menggunakan pisau yang tajam. Sehingga hasilnya tidak berantakan atau tercongkel dengan potongan yang tak rapi.

“Tips untuk para ibu adalah pisaunya harus tajam. Banyak ibu rumah tangga enggan membersihkan pisau saat sudah lengket. Maka jika hasilnya mau bagus, harus tajam pisaunya,” jelasnya.