Tentu umat muslim pada bertanya, apa hokum berjabat tangan dengan bukan mukhrimnya, saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Padahal, berjabat tangan saat bermaaf-maafan, adalah diharuskan dalam agama islam.

Hukum Berjabat Tangan Bukan Mukhrim Saat Hari Raya Idul Fitri?

Tips Kito

TIPS KITO – Tentu umat muslim pada bertanya, apa hokum berjabat tangan dengan bukan mukhrimnya, saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Padahal, berjabat tangan saat bermaaf-maafan, adalah diharuskan dalam agama islam.

Lalu apa hokum berjabat tangan dengan yang bukan mukhrimnya, pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga : Bingung Cari Parsel Lebaran di Jambi? Disini Solusinya

Di ketahui, Ketika hari raya idul fitri atau lebaran, pasti kita semua akan berjabat tangan dengan tetangga sekitar rumah. Benar tidak tipstrenners.

Tapi kalian semua pernah berpikir tidak, boleh tidak sih berjabat tangan dengan orang yang bukan muhrim kita, ketika lebaran nanti?

Menurut Imam Syafi’i hokum, berjabat tangan antara laki-laki dan perempuan bukan mahram atau adalah haram. Beliau berpatokan pada sabda Nabi SAW berikut:

وتحرم مصافحة المرأة، لقوله صلّى الله عليه وسلم: «إني لا أصافح النساء

Artinya:

“Jabat tangan dengan perempuan haram,  berdasarkan sabda Rasulullah SAW. ‘Aku tidak berjabat tangan dengan perempuan,” (HR Al-Muwaththa’, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i).

Berita juga : Demi Pelayanan Terbaik, Karyawan Swiss-Belhotel Jambi Divaksin Hari Ini

Akan tetapi, dalam hadis lain madzhab Imam Syafi’i memperbolehkannya, apabila ada penghalang seperti sarung tangan, berikut dalilnya :

وحرم الشافعية المس والنظر للمرأة مطلقاً، ولو كانت المرأة عجوزاً. وتجوز المصافحة بحائل يمنع المس المباشر

Artinya:

“Madzhab Syafi’i mengharamkan bersentuhan dan memandang perempuan secara mutlak, meskipun hanya perempuan tua. Tetapi boleh jabat tangan dengan alas (sejenis sarung tangan atau kain), yang mencegah sentuhan langsung,” (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, Beirut, Darul Fikr, cetakan kedua, 1985 M/1405 H, juz 3, halaman 567).

 

Sumber : Pojoksatu.id