Selama bulan Ramadhan, tentunya ada perubahan jam tidur. Karena jadwal makan sahur yang di lakukan pada dini hari, jadi mulai atur pola tidur kamu biar gak ngantuk di jam kerja.

Tips Pola Tidur Selama Ramadhan, Anti Ngantuk Kerja Siang

Tips Kito

TIPS KITO – Selama bulan Ramadhan, tentunya ada perubahan jam tidur. Karena jadwal makan sahur di bulan Ramadhan yang di lakukan pada dini hari, jadi mulai atur pola tidur kamu biar gak ngantuk di jam kerja, ini tips buat kamu.

Penting mengatur pola tidur ini, agar kamu juga bisa menjaga kekebalan sistem imun tubuh, apalagi di masa pandemi saat ini.

Nah, berikut tips atur pola tidur di bulan Ramadhan, bisa anti ngantuk kerja siang loh, simak yuk ulasannya.

Baca Juga : Tips Hindari Masalah Pencernaan Selama Puasa di Bulan Ramadhan

  1. Cobalah Tidur Lama

Tidur yang lebih lama, bermanfaat daripada beberapa kali tidur sebentar untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur setidaknya 4 jam di malam hari setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan subuh. Kemudian kembali tidur selama beberapa jam sebelum bangun untuk hari berikutnya.

  1. Atur Pola Tidur

Coba rencanakan rutinitas tidur, yang di sesuaikan untuk Ramadhan. Sehingga Anda tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh Anda, mendapatkan ritme untuk tidur yang lebih nyenyak.

  1. Nikmati tidur siang yang nyenyak

Tidur siang selama 20 menit, di sore hari dapat memulihkan energi yang lesu dan tingkat fokus. Setel alarm, karena terlalu banyak tidur dapat membuat Anda merasa pusing dan bahkan lebih mengantuk.

  1. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Hindari makan makanan berat, berlemak, atau bergula saat buka puasa, sebab konsumsi makanan ini bisa mengganggu pencernaan Anda. Makanan yang sangat pedas juga bisa menjadi berita buruk, untuk tidur nyenyak karena bisa menyebabkan gas dan mulas.

Lihat Juga Video : Ruang Hijau, Tempat Nongkrong Bernuansa Alam di Kota Jambi Yang Lagi Hits

Menghindari kafein selama beberapa jam sebelum tidur juga dapat membantu tidur nyenyak.

  1. Lingkungan tidur yang tepat

Tempat yang tenang, dan gelap sangat ideal untuk tidur. Hindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV menjelang waktu tidur. Karena penelitian menunjukkan bahwa, cahaya biru dari layar dapat mengganggu kualitas tidur.

Sumber : suara.com