Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, Pengamat : Bisa Gerus Suara PAN Jambi

Berita Jambi Berita Politik

BERITA POLITIK – Amien Rais dan menantu deklarasi Partai Ummat, Kamis (29/4/2021). Pengamat Politik di Jambi sebut, ini bisa gerus suara PAN Jambi.

Di ketahui, tepat 2 hari yang lalu, sebanyak 99 orang pendiri Partai Ummat dari 34 provinsi berkumpul di Yogyakarta untuk menghadiri deklarasi.

Baca juga : Bukber MPW dan BPPH Pemuda Pancasila Jambi, Solid Penyuluhan dan Bantuan Hukum

Deklarasi Partai Ummat tersebut, di lakukan Amien Rais di dapuk sebagai Majelis Syuro, dan sang menantu sebagai Ketua Umum.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik Jambi sebut, ini bakal gerus suara PAN di Pemilihan Legislatif Jambi mendatang.

Merawat kembali ingatan sejarah perpolitikan Jambi, yang mana PAN sempat 1 dekade lebih menduduki masa kejayaannya di Jambi.

Amien Rais sang mantan tokoh partai berlogo Matahari terbit ini, tentu menyisakan irisan politik di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Namun, gonjang-ganjing politik internal partai PAN pun, membuat eks pentolan PAN itu membesut partai Ummat. Tak tanggung-tanggung Ia di dapuk sebagai Ketua Majelis Syura, di tambah lagi sang menantu Ridho Rahmadi.

Citra Darminto Pengamat Politik Jambi mengatakan, butuh jalan panjang bagi Partai Ummat untuk melenggangkan sayap. Apalagi, figur yang memiliki ketokohan kuat di kancah nasional, hanyalah Amien Rais seorang.

“Apalagi ada dua jalan terjal yang harus di lalui Partai ini, secara sekaligus. Pertama, harus lolos verifikasi faktual untuk ikut Pemilu. Kedua, upaya lolos ke Senayan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Amien Rais bersama Sang Menantu segera pasang kuda-kuda dan logistik yang kuat. Belum lagi, soal memunculkan nama sang Ketum, yang saat ini belum melekat di benak masyarakat.

Prediksi Akan Gerus Suara PAN di Jambi

Citra menilai ketokohan Amien Rais di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini, masih ‘seksi’ untuk memincut para simpatisan.

“Saya menilai dengan hadirnya Partai Ummat, ini akan menggerus suara PAN pada Pileg 2024 nanti. Pasalnya, ketokohan Amien Rais dinilai akan menjadi daya tarik bagi simpatisan PAN untuk mengalihkan pilihannya,” tuturnya.

Tokoh Lokal Yang Akan Digaet ?

Akademisi Muda ini berasumsi, jika ketokohan nasional tak di barengi dengan ketokohan lokal, maka sulit bagi Partai Ummat untuk melenggang ke Senayan.

Lihat juga video : Bupati bilang sudah, BPBD Sebut Nunggak honor posko Covid-19 di Merangin

Apalagi, saat ini partai-partai tua sedang berada pada posisi kejayaannya.

“Semua partai pasti fight dan bertarung habis-habisan, semua itu tergantung pada tokoh lokal Jambi yang akan di gaet. Kalau tidak tepat, ini sulit menarik simpati masyarakat. ” tutupnya. (Tr01)