Masih menjalani di bulan suci Ramadhan, di mana kita sebagai umat muslim tentunya di wajibkan untuk berpuasa. Lalu bagaimana bagi penderita penyakit, yang harus konsumsi obat saat ikut berpuas? Ini yang harus diperhatikan.

Konsumsi Obat Saat Berpuasa, Ini Hal Yang Harus Diperhatikan

Tips Kito

TIPS KITO – Masih menjalani di bulan suci Ramadhan, di mana kita sebagai umat muslim tentunya di wajibkan untuk berpuasa. Lalu bagaimana bagi penderita penyakit, yang harus konsumsi obat saat ikut berpuasa? Ini yang harus diperhatikan.

Seperti yang kita ketahui, menjalani puasa bisa menjadi tantangan bagi seseorang yang mempunyai penyakit maag. Sebab, Ia di wajibkan untuk tidak makan selama kurang lebih 12 jam, mulai dari adzan Subuh hingga Maghrib.

Baca Juga : Tips Hindari Masalah Pencernaan Selama Puasa di Bulan Ramadhan

Nah tentunya, dengan perut yang kosong selama rentan waktu tersebut membuat penyakit yang Ia akan muncul tiba-tiba. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mengonsumsi obat, walau di bulan puasa kali ini mengonsumsi obat tentunya tidak di perbolehkan.

Cara Konsumsi Obat-Obatan

Lalu, bagaimana caranya konsumsi obat saat berpuasa di Bulan Ramadhan?

Sebuah penjelasan di berikan oleh Kementerian Kesehatan. Pada postingnya di sosial medianya di tahun 2018, Kementerian Kesehatan membeberkan cara menggunakan obat ketika puasa.

Kemudian untuk perubahan jadwal obat yang mendadak, di sebut dapat mempengaruhi terapi dari obat. Sehingga di perlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, atau apoteker terkait perubahan ini.

Berita Lainnya : Pakai Aplikasi, Begini Cara Buat Paspor Secara Online 

Namun, secara umum obat yang di gunakan satu kali bisa di minum saat sahur atau berbuka. Sedangkan untuk obat yang di konsumsi 2 kali, dapat di minum saat sahur dan berbuka.

Lebih lanjut, jika ada obat yang wajib untuk di konsumsi 3 kali dalam sehari, maka di anjurkan untuk di minum dalam rentang waktu yang sama. Yaitu setiap 5 jam sekali. Seperti contoh penggunaan obat 3 bisa di lakukan pada jam 18.00 Wib ketika berbuka, 23.00 Wib tengah malam, dan 04.00 Wib saat sahur.

Sementara itu, untuk obat yang di konsumsi sebelum makan. Cobalah untuk di konsumsi 30 menit sebelum sahur, atau sebelum makan besar di saat berbuka puasa. Sebaliknya, untuk obat yang di konsumsi setelah makan, bisa di gunakan 5-10 menit setelah makan.

Oleh karena itu, untuk yang mempunyai penyakit maag bisa mengonsumsi obat yang di berikan pada jam-jam yang sudah di rekomendasikan tersebut.

Lihat Juga Video : Gagal Jadi Kades, Ahmad Haikal Malah 4 Periode Jadi Dewan di Muaro Jambi

Selain itu, agar maag yang di derita tidak terus-terusan mengganggu puasa, cobalah untuk menggunakan obat yang mengandung bahan-bahan yang tepat.

 

Sumber : detik.com