Dalam penampilan banyak hal yang harus di jaga, termasuk pas lagi puasa, sering bangetkan bibir kering,  begini caranya mencegah hal tersebut.

Cegah Bibir Kering Pas Lagi Puasa, Ini Caranya

Tips Kito

TIPS KITO – Dalam penampilan banyak hal yang harus di jaga, termasuk pas lagi puasa, sering bangetkan bibir kering,  begini caranya cegah hal tersebut.

Sangat sulit di tutupi, apalagi ketika kamu wanita karir. Ini caranya cegah bibir kering ketika kamu lagi puasa.

Seperti yang kita ketahui, area bibir adalah area kulit yang paling gampang terpapar kekeringan lantaran tak memiliki kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Yang tugasnya membuat permukaan kulit lembab.

Baca Juga : Takut Kamera Tersembunyi, Ini Cara Mendeteksinya

Di samping itu, kulit pada bibir lebih tipis di banding permukaan kulit lainnya di seluruh tubuh. sehingga ia lebih sensitif dan butuh perawatan khusus. Agar bibir tetap sehat dan lembab selama puasa, Anda perlu melakukan beberapa langkah pencegahan dan perawatan.

1.Minum Cukup Banyak Air

Tentu saja yang pertama kali harus Anda lakukan adalah, menambah asupan cairan di kala sahur dan berbuka.

Idealnya adalah mengonsumsi 2 liter air dalam sehari. Jika dari asupan minuman belum bisa memenuhi target dua liter, Anda bisa menambahnya lewat sayuran berkuah seperti sup atau sayur bayam yang di jadikan menu berbuka.

2.Gunakan Lip Scrub

Menggosok bibir dengan lip scrub beberapa hari sekali penting di lakukan, untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan bibir. Selain itu, lip scrub juga bisa membantu melembabkan dan memberi lapisan pelindung pada bibir.

Jika tak memiliki krim lip scrub khusus, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah di temukan.  Semisal campuran gula pasir, madu dan minyak kelapa. Aduk hingga rata, kemudian oleskan merata ke bibir.

Berita Lainnya : Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan

Lihat Juga Video : Ruang Hijau, Tempat Nongkrong Bernuansa Alam di Kota Jambi Yang Lagi Hits

Gosok pelan-pelan dengan tangan, atau bisa pula menggunakan sikat gigi yang berserabut lembut. Agar sel kulit mati lebih gampang terangkat, basahi dulu bibir dengan air hangat sebelum Anda mengoleskan lip scrub.

3.Oleskan Lip Balm

Setiap hari Jangan lupa untuk mengoleskan lip balm, setiap pagi sebelum Anda beraktivitas. Pilih lip balm, yang mengandung banyak minyak alami juga SPF.

4.Lakukan Perawatan Lip Mask

Cara memakainya dengan menempelkannya di area bibir, membiarkannya selama beberapa saat, kemudian melepaskannya secara perlahan. Lip mask bisa melembabkan bibir karena mengandung shea butter dan vitamin E.

5.Mengurangi Makanan Pedas Juga Asin

Ketika sahur makanan pedas juga asin membuat Anda cepat haus, dan membuat bibir dan kerongkongan menjadi cepat kering.

6.Mengonsumsi Madu

Madu terbukti efektif menjaga kelembaban kulit, termasuk area bibir. Selain mengonsumsinya ketika sahur dan berbuka, Anda juga bisa memolesnya ke bibir sebelum waktu makan sahur habis. Ketika imsak tiba, basuh bibir agar cairan madu hilang.

7.Hentikan Kebiasaan Membasahi Bibir Lidah

Menjilat bibir atau membasahi bibir, dengan ludah justru membuat bibir kering lebih cepat. Tak hanya air liur mengandung asam yang membuat bibir cepat kering, menjilat bibir juga bisa menghilangkan lapisan minyak dari lip balm yang ada di bibir.

Sumber : Kompas.com