Banyaknya para wanita percaya bahwa ketika menstruasi, tak boleh makan timun karena dapat mempengaruhi siklusnya, benarkah?

Saat Wanita Menstruasi Dilarang Makan Timun, Mitos Atau Fakta?

Tips Kito

TIPS KITO – Banyaknya para wanita percaya bahwa ketika menstruasi, tak boleh makan timun karena dapat mempengaruhi siklusnya, benarkah?

Timun merupakan salah satu sayuran yang banyak mengandung manfaat apabila di makan, namun bagaimana mitos dengan wanita yang sedang menstruasi?

Di ketahui Kandungan timun berupa beta karoten, mangan, vitamin C, dan beberapa antioksidan flavonoid dapat berguna untuk menangkal radikal bebas. Lebih lanjut, timun juga dapat mencegah tubuh dari kanker karena mengandung cucurbitacin dan lignan.

Baca Juga : Ini Manfaat Baik Konsumsi Buah Pir Setiap Hari

Berita Lainnya : Terpental Hingga Terseret, 2 orang Tewas Ditabrak Oknum PNS

Selain itu, Timun juga kaya akan kandungan air hingga mencapai 95 persen. Hal ini cukup baik bagi kesehatan, untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Timun bermanfaat pula untuk kesehatan kulit, karena mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat. Yang dapat berperan untuk membantu meredakan jerawat.

Selajutnya, timun sering di hubungkan dengan kesehatan wanita. Salah satu informasi yang beredar di masyarakat, mempersoalkan bahwa memakannya dapat mengakibatkan darah menstruasi akan tersisa di dinding rahim, hingga menimbulkan kanker ovarium. Apakah informasi ini benar?

Tidak Mempengaruhi

Makan timun, tidak akan mempengaruhi menstruasi seorang wanita. Kamu tak perlu ragu untuk makan timun meski sedang dalam siklus menstruasi, atau baru saja selesai menstruasi karena hal itu aman untuk di lakukan.

Dokter spesialis kandungan mengungkapkan bahwa, mitos makan timun ketika menstruasi membuat darah haid tersisa di dinding rahim tidaklah benar. Darah haid akan bersih dengan sendirinya, ketika kamu selesai periode menstruasi.

Lebih lanjut, pernyataan tentang darah yang berwarna agak kehitaman di mana itu adalah darah yang tersisa akibat, makan timun saat menstruasi juga bukanlah hal yang benar.

Lihat Juga Video : Bupati Wanita Jago Offroad, Jajal Jalur Ekstrim Adhyaksa Adventure

Lantas, pertanyaan selanjutnya adalah apakah makan timun saat menstruasi dapat menghambat darah yang keluar? Jawabannya juga tidak benar. Siklus menstruasi pada wanita, di kendalikan oleh keseimbangan dari hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon tersebut, juga di pengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis.

Jadi, makan timun saat periode menstruasi tidak berdampak terhadap keseimbangan hormon pada wanita. Dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik menghambat atau memperlancar menstruasi.

Sumber : Suara.com