Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Sarolangun, gelar forum konsultasi publik, Senin (22/02/2021) pukul 10.02 Wib.

Serap Aspirasi, Bappeda Sarolangun Gelar Forum Konsultasi Publik

Berita Jambi

BERITA SAROLANGUN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Sarolangun, gelar forum konsultasi publik, Senin (22/02/2021) pukul 10.02 Wib.

Di ketahui Forum konsultasi publik ini, merupakan suatu cara untuk melibatkan partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, dalam merumuskan peraturan atau kebijakan.

Acara forum konsultasi publik ini, bertempat di ruang aula Dinas Bapedda Sarolangun. Langsung di hadiri oleh wakil Bupati H Hilal Latil Badri, dan wakil ketua DPRD Aang Purnama.

Baca Juga : Hadir Ditengah Masyarakat, Bupati Sarolangun Redam Amarah Warga Soal PETI

Kegiatan Forum ini, dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD kabupaten Sarolangun 2022. Kepala Bappeda H Lukman mengatakan tujuan dari acara tersebut, merupakan langkah agar  dapat bersinergi semua stekholder untuk pembangunan kedepan.

“Proses perencana dari tahun ke tahun, telah berupaya menjadi kualitas untuk perbaikan dan penyempurnaan. Sehingga di peroleh program pembangunan yang benar berkelanjutan, dan tersentuh langsung oleh masyarakat,” kata Kaban Bappeda.

Selain itu, H Lukman juga mengatakan forum tersebut sebagai kelanjutan tahapan sebelumnya. Yakni Musrenbang Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Selanjutnya akan di lanjutkan dengan Forum Gabungan Perangkat Daerah, lalu Forum SKPD, setelah itu baru di gelar Musrenbang RKPD tahun 2022.

Lihat Juga : Sering Gelar Aksi Peduli, Mahasiswi Ini Akui Empati Masyarakat Jambi

Terakhir Kepala Bappeda ini juga mengatakan jika Forum tersebut, di laksanakan dengan tujuan menyaring aspirasi para pemangku kepentingan. Untuk menentukan arah pembangunan dan mendapatkan masukan, gagasan, pemikiran terhadap prioritas pembangunan.

“Selain itu, guna meningkatkan transparansi dalam perencanaan pembangunan,” sebutnya.

Sarolangun Sejahtera

Sementara itu, wakil Bupati H Hilal Latil Badri dalam sambutannya mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun kelima bagi pemerintah kabupaten Sarolangun dalam upaya pencapaian visi Sarolangun Lebih Sejahtera.

“Output dari konsultasi publik ini, di harapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakholder. Dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan,” kata Wabup.

Lihat Juga Video : Jual iPhone Murah di Jambi, di amankan Polresta Jambi

Perihal ini lanjutnya, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja daerah (RAPBD). Yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan umum Anggaran (KUA), dan prioritas serta plafon anggaran Sementara (PPAS). (Ajk)