Kabar gembira untuk masyarakat Indonesia, di mana Bank Indonesia (BI) secara resmi telah mengesahkan, penerapan kebijakan down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor.

Sah, DP 0 Persen Untuk Kredit Kendaraan Bermotor Berlaku di Indonesia

Nasional

BERITA NASIONAL – Kabar gembira untuk masyarakat Indonesia, di mana Bank Indonesia (BI) secara resmi telah mengesahkan, penerapan kebijakan down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor.

Di ketahui ketetapan DP 0 Persen Kredit ini berlaku, baik untuk kendaraan bermotor roda dua (motor) maupun roda empat (mobil).

Baca Juga : SNMPTN 2021 Dibuka Besok, Masih Bingung Pilih Prodi? Berikut Tipsnya

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo sebagai bagian dari sinergi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Dengan tujuan, untuk meningkatkan pembiayaan dunia usaha.

Keudian Perry juga menuturkan, relaksasi uang muka kredit kendaraan bermotor akan di mulai, pada awal Maret 2021 hingga akhir tahun.

“Melonggarkan uang muka kredit kendaraan bermotor 0 persen, untuk semua jenis kendaraan. Untuk mendorong pertumbuhan kredit, di sektor otomotif dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian. Berlaku efektif 1 Maret 2021, sampai 31 Desember 2021,” katanya, Kamis (18/2/2021).

Selain itu, BI juga melonggarkan loan to value kredit dan pembiayaan properti menjadi 100%. Relaksasi ini berlaku untuk semua jenis properti, mulai dari rumah tapak, rumah susun, ruko dan rukan bagi bank yang memenuhi kriteria NPL tertentu.

Lihat Juga Video : Jual iPhone Murah di Jambi, di amankan Polresta Jambi

Selanjutnya BI akan menghapus ketentuan pencarian bertahap properti indent, untuk mendorong pertumbuhan kredit properti. Dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian, dan manajemen risiko.

“Ini juga berlaku efektif dari 1 Maret 2021-31 Desember 2021,” tutupnya.

Sumber : Bisnis.com