Di tengah hujan deras, kegiatan pemaparan perkembangan kawasan industri terpadu Kemingking Ecopark pertama di Jambi berjalan lancar, di gelar langsung di lokasi proyek tersebut, Sabtu (20/02/2021).

Pertama di Jambi, Begini Kemegahan Kawasan Kemingking Ecopark Tahun 2029

Berita Bisnis Berita Jambi

BERITA JAMBI – Di tengah hujan deras, kegiatan pemaparan perkembangan kawasan industri terpadu Kemingking Ecopark pertama di Jambi berjalan lancar, di gelar langsung di lokasi proyek tersebut, Sabtu (20/02/2021).

Hadir langsung Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahaya Murni, di dampingi langsung oleh Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro dan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Ahmad Fauzi Ansori.

Di hadapan para pejabat dan tamu undangan, Direktur Utama (Dirut) PT Jambi Kemingking Ecopark (JKE), Chairil Anwar. Dengan bantuan layar, Ia memaparkan secara lengkap rencananya kedepan.

Baca Juga : Soal Industri Kemingking, Dewan : Pj Gubernur Jambi Harus Minta Saran Bappeda

“Kami berfokus pada pembangunan dan pengelolaan kawasan industri terintegrasi yang ramah lingkungan,” katanya di hadapan forum.

Kawasan Kemingking Ecopark pertama di Jambi ini, terpusat dari industri yang berdiri di atas lahan seluas 2.170 Hektar. Rencananya, akan menjadi kawasan bisnis dan pemukiman. Proyek ini, di perkirakan rampung kurang lebih 10 tahun kedepan.

Apa saja yang akan di bangun di dalamnya? Para pembaca Dinamikajambi.com mari kita ulas sejenak.

Kawasan Modern Pertama di Jambi

Memiliki visi menjadi kota industri terintegrasi yang berwawasan lingkungan dan memiliki nilai ekonomi yang kompetitif, dan semua aktivitas yang  akan ada nantinya.

Nantinya akan ada Area Industri, Pusat Kawasan Berikat, Pergudangan Modern dan Area Komersia. Kemudian, Pemukiman serta Pelabuhan Internasional.

Lihat Juga : Hujan Deras, Bupati Masnah dan Pj Gubernur Jambi Dengar Paparan Perkembangan Kemingking Ekopark

Tak hanya itu saja, guna genjot perkembangan ilmu dan tenologi, Kemingking Ecopark akan mendirikan pusat teknologi. Ada juga taman hiburan, olahraga, sekolah dan universitas hingga area tangki timbun.

Tidak hanya itu pusat kesehatan dan rumah ibadah akan di sediakan PT. JKE.

Letak wilayah kemingking yang sangat strategis, Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya telah jalin kerjasama dengan 16 perusahaan.

“Lokasi kita berada di segita emas sebenarnya bu, antara Malaysia, Singapura dan Jambi dari kurang lebih 15 kilo meter,” jelas Chairil.

Di samping itu, Dirut JKE ini kagum dengan potensi dari sumber daya alam di Jambi. Bilangnya, Ia punya ide baru akan buat pabrik kertas berbahan limbah Sawit.

“Nanti kertasnya terbuat dari janjang kosong sawit, sementara janjang kosong ini di kalo di pabrik kelapa sawit ini di kenal sebagai limbah,” antusiasnya.

Selain sambut baik rencana pembangunan kedepan, Masnah beranggapan ini akan memacu kemajuan Kabupaten dan Provinsi Jambi nantinya.

Lihat Juga Video : Di tengah Perjalanan, Bupati Setir Mobil Sendiri

Bupati yang pernah tertangkap kamera menyetir mobil sendiri, saat kunjungan ke masyarakat ini. Ingatkan perusahaan soal dampak lingkungan, jangan sampai memiliki dampak negatif bagi masyarakat sekitar.

“Dampak lingkungan harus benar-benar di kaji, karena ini daerah serapan rendah,” tuturnya. (Tr01)