Pemerintah melalui Kemensos kembali memperkenalkan Program Keluarga Harapan (PKH) yang termasuk dalam Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Kemensos Kembali Perkenalkan BLT, Cek Daftar Penerimanya Disini,

Nasional

BERITA NASIONAL – Pemerintah melalui Kemensos kembali memperkenalkan Program Keluarga Harapan (PKH) yang termasuk dalam Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Selain itu, BLT Kemensos yang di perkenalkan ini di klaim telah terbukti berhasil mendorong penurunan angka kemiskinan.

Melansir dari Okezone.com, Hal ini di sampaikan melalui unggahan di laman Instagram Kemensos @kemensosri pada Sabtu, (23/1/2021).

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program Bantuan Tunai kemensosri yang telah terbukti berhasil mendorong penurunan angka kemiskinan di Indonesia,” tulis akun @kemensosri, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga : Program BLT UMKM, Usaha Apa yang Bisa di Daftarkan?

Selain itu, Kemensos menyajikan informasi-informasi terkait PKH dalam bentuk infografis. Mulai dari kriteria penerima, besaran skema bantuan, berapa kali pencairan, dan kewajiban yang harus di penuhi oleh para penerima.

Selanjutnya, PKN atau Program Keluarga Harapan merupakan program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada keluarga kurang mampu yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dan memiliki komponen sebagai persayaratan yang di tetapkan sebagai peserta PKH.

Lihat Lainnya : Seorang Gadis Nekat Bunuh Diri Usai Digarap 4 Pria, Diduga Libatkan Oknum Polisi

Sementara itu, adapun tujuan dari program ini untuk meningkatkan taraf hidup (melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial), mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan, mendorong perubahan perilaku dan kemandirian, mengurangi kemiskinan, serta inklusi keuangan.

Kategori Penerima BLT Kemesos

Sementara kategori kriteria Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yakni sebagai berikut.

  1. Komponen kesehatan: Ibu hamil (maksimal dua kali kehamilan) dan anak usia dini 0 s/d 6 tahun (maksimal dua anak).
  2. Unsur pendidikan: SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sederajat anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.
  3. Unsur kesejahteraan sosial: Lanjut usia 70+ (maksimal satu orang dan berada dalam keluarga), dan penyandang disabilitas berat fisik maupun mental (maksimal satu orang dan dalam keluarga).

Pagu anggaran bansos PKH 2021 sebesar Rp28,7 triliun. Rencana penyaluran bantuan ini akan di berikan per triwulan. Di bagi dalam 4 tahap yaitu pada Januari, April, Juli dan Oktober 2021.