Berawal dari kecintaan terhadap mobil dan hobby memodifikasi, kini menjadi salah satu komunitas terlama dan aktif di kota Jambi. Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Jambi ini, sudah memiliki usia 18 tahun dan untuk kegiatannya pun masih aktif.

Masih Solid di Usia 18 Tahun, Ini Sejarah Komunitas TKCI Jambi

Berita Jambi Olahraga

BERITA JAMBI – Berawal dari kecintaan terhadap mobil dan hobby memodifikasi, kini menjadi salah satu komunitas terlama dan aktif di kota Jambi. Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Jambi ini, sudah memiliki usia 18 tahun dan untuk kegiatannya pun masih aktif.

Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), merupakan suatu komunitas pecinta mobil Kijang yang terstruktur dan memiliki ADART. Komunitas ini bergerak di bidang otomotif dan sosial, serta lebih meningkatkan solidaritas antar sesama anggota.

Ketua TKCI Jambi yang telah memasuki usia 18 tahun, Kang Anto menceritakan secara singkat bagaimana sejarah dari terbentuknya komunitas ini pada Dinamikajambi.com, Sabtu (16/01/2021).

Baca Juga : Inilah Kenapa, Ruang Hijau di PTPN VI Tempat Santai Kekinian di Kota Jambi

“TKCI ini terbentuk tahun 2003 di Jambi, dengan pendiri bernama Budi Kurniawan. Ulang tahun TKCI Jambi ini setiap tanggal 12 Juli, kalo saya sendiri sudah beberapa generasi baru menjabat sebagai ketua komunitas ini. Untuk saat ini di Jambi ada 200 orang teregistrasi, dan yangaktif sebanyak 60 orang,” ujarnya.

Kemudian, untuk proses pemilihan pemimpin itu sendiri secara demisioner.

“Itu tiap tahunnya ada namanya demisioner, ada yang 2 periode itu 2 tahun. Kalau misalnya kepemimpinan dia bagus bisa 2 tahun. Kalau saya sendiri sudah 2 kali menjabat sebagai ketua, jadi selama 4 tahun, pemilihan pemimpin komunitas ini setiap hari ulang tahun TKCI Jambi,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk kegiatan rutin yang di lakukan komunitas TKCI ini yaitu Jambore. Kegiatan ini tak hanya untuk komunitas di Jambi, tapi juga untuk seluruh Indonesia yang tergabung dalam Komunitas tersebut.

“Kegiatan rutin kita itu Jambore, tahun kemarin kita tidak mengadakan Jambore karena Covid ya. Insya Allah tahun ini kita adakan di Malang. Untuk kegiatan ini biasanya hanya perwakilan saja yang kesana,” kata pria asal Solo ini.

Kegiatan Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) di Jambi

Kemudian, bukan sekedar modifikasi mobil saja, tapi TKCI Jambi ini sering juga mengadakan Bansos untuk orang-orang yang memang membutuhkan.

“Kalau untuk kegiatan di Jambi itu seringnya bansos ya, terus touring, atau kegiatan buka cabang gitu. Yang penting sifatnya masih sosial. Untuk bansos ini dananya dari uang kas kita, itu terkumpul dari iuran wajib  kita perbulannya 20 ribu,” katanya.

Tidak hanya itu saja, ternyata komunitas ini juga sering mengikuti event dan mendapatkan penghargaan.

“Kalau untuk event nasional kita udah dapat rekor Muri 2 kali ya, kalo di Jambi ini kita sering ikut kontes modifikasi mobil gitu,” bilangnya.

Lihat Juga Video : Bupati dan Kapolres Panen Ikan di Desa Keranggan, Kecamatan Sekernan

Bicara tentang komunitas, tentunya Kang Anto sebagai Ketua TKCI Jambi memiliki harapan kedepannya untuk kelanjutan persatuan ini.

“Harapan saya kedepannya, ingin TKCI selalu tetap kompak dan solid pastinya,” tutupnya.