Sentra perkebunan sawit dan karet, Muaro Jambi membidik potensi Kakao. Selain menyiapkan 12 ribu bibit kakao di Muaro Jambi, Disbunnak

Selain 12 Ribu Bibit Kakao di Muaro Jambi, Disbunnak Juga Siapkan Obat dan Pupuk

Berita Jambi

BERITA MUARO JAMBI – Menjadi sentra perkebunan sawit dan karet, Kabupaten Muaro Jambi ternyata juga membidik potensi Kakao. Selain menyiapkan 12 ribu bibit kakao di Muaro Jambi, Disbunnak juga siapkan fasilitas lainnya.

Upaya ini tak lain demi meningkatkan perekonomian masyarakat di Bumi Sailun Salimbai. Tak main-main memang, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muaro Jambi menempatkannya jadi program unggulan.

Hal ini di sampaikan Nur Subiantoro, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Muaro Jambi pada Dinamika Jambi. Ia mengungkapkan bahwa, di tahun 2021 ini mempunyai program yaitu penanaman Kakao.

Baca Juga : Penting, Sekda Tekankan Hirilisasi dan Diversifikasi Komoditi Perkebunan

“Program kita yaitu 12.000 Kakao,” jelasnya, Selasa (12/01/2021).

Kemudian, Ia mengungkapkan bahwa bibit kakao tersebut bukan bibit biasa atau keturunan. Bilang Nur, bibit itu bakal dari varietas unggulan.

“Jenisnya varietas unggul, bukan kakao yang turun menurun,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ia juga menjelaskan bahwa Kakao tersebut akan di konsentrasi kan untuk kecamatan Kumpeh.

“Konsentrasi kita yaitu Kumpeh Ulu dan Kumpeh Ilir,” jelasnya.

Sementara itu, mantan orang nomor satu di Dinas Koperindag Muaro Jambi itu juga memaparkan bahwa, budidaya di Kumpeh tersebut adalah Kakao.

Lihat Juga : Sempat Cabuli Korban, Rampok di Jaluko Tersungkur Peluru Tim Gagak

Kedepan, nantinya melalui hilirisasi di berikan pelatihan dan pembangunan gedung produksi. Hal ini di gagas tak lain Kakao di olah menjadi makanan jadi dan bisa di pasarkan oleh UMKM.

Dengan demikian, Ia juga menjelaskan program tersebut akan mendorong kelompok tani dan masyarakat dalam penanaman Kakao tersebut.

“Akan kita dorong melalui kelompok tani, serta masyarakat. Karena kakao ini tidak butuh area yang sangat luas,” tukasnya.

Lihat Lainnya : PAW Hairan Dewan Tanjabbar, Nunggu SK Gubernur, Ini Pengantinya

Tidak hanya bibit Kakao, demi mencapai sebuah hasil yang maksimal maka Disbunnak Muaro Jambi akan memberikan fasilitas.

“Kita akan berikan pupuk, penyuluhan, serta obat-obatannya, agar mendapatkan hasil yang maksimal,” paparnya. (Tr06)