Kabar baik untuk masyarakat Kabupaten Muaro Jambi, pasalnya dalam waktu dekat Dukcapil setempat akan mengadakan perekaman, dan cetak E-KTP.

Kabar Gembira Bagi Warga Muaro Jambi, Kini Cetak E-KTP Bisa di Kantor Camat

Berita Jambi

BERITA MUARO JAMBI – Kabar baik untuk masyarakat Kabupaten Muaro Jambi, pasalnya dalam waktu dekat Dukcapil setempat akan mengadakan perekaman, dan cetak E-KTP di Kantor Camat masing-masing.

Hal ini di sampaikan langsung oleh Kepala Dinas melalui Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi Sudiono, Rabu (16/12/2020).

“Kedepannya, akan kita usahakan untuk perekaman dan percetakan langsung di kecamatan. Kan selama ini cuman perekaman yang bisa kecamatan, manfaatnya untuk mempermudah masyarakat. Kalaukesini kan jauh,”ujarnya.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa untuk saat ini, mereka masih mempersiapkan alat dan personil, agar nantinya saat lounching pelaksaannya bisa maksimal.

Baca Juga : 10.707 Warga Merangin Belum Rekam e-KTP

Kemudian, Kepala Bidang Pencatatan Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi ini juga menyampaikan, bahwa untuk perekaman dan cetak secara langsung di kecamatan itu hanya untuk E-KTP.

“Kalau tahun depan sudah cukup, paling cepat bulan Maret kita sudah bisa gunakan. Khusus untuk rekam dan cetak E-KTP,”tegasnya.

Pelayanan Keliling Tetap Di lakukan

Sementara itu, pelayanan secara keliling tetap di lakukan Dinas Dukcapil pada tahun 2021 akan tetap di lakukan. Akan tetapi, pelayanannya di khususkan untuk Akte kelahiran, Kartu Keluarga, dan Akte Kematian. Selain itu, pihak Dukcapil akan memperhitungkan kelancaran jaringan setempat.

Tak hanya itu saja, Ia juga mengungkapkan bahwa untuk tahun 2021 dinas ini juga akan tetap mengutamakan pelayanan online, agar memberikan kemudahan dan masyarakat yang jauh bisa terbantu.

Baca Lainnya : Aktivitas Pengeboran Dihentikan Warga, Pertamina EP Jambi Bilang Begini

“Pada tahun 2021 Pelayanan online akan tetap di utamakan, khusus pelayan online tidak bisa melayani Ktp, Kia dan SKTT untuk warga asing. Karena tidak bisa di kirim di hp, soalnya blangkonya khusus,” jelasnya.

Kemudian Ia juga menjelaskan untuk pelayanan online, masyarakat harus punya android. Hal ini, karena berkas di kirim melalui Email.

Sehingga, masyarakat bisa cetak sendiri dengan menggunakan kertas HVS A4 tebal 80 gram. Hal ini, akan di dorong agar masyarakat melakukan pengurusan secara online untuk mempermudah urusan pembuatan berkas tersebut.

Sementara itu, untuk pelayanan online KK, Biodata, dan Suket Pindah, masyarakat dapat menghubungi nomor  0823-1096-9300 atas nama Karmila.

Lihat Video : Bupati dan Kapolres Panen Ikan di Desa Keranggan, Kecamatan Sekernan

Sedangkan untuk pelayanan Akta Kelahiran, Kematian, dan Perkawinan di nomor 0812-7134-8155 (M. Jefri). Selain itu, untuk pelayanan data yang tidak online, pada instansi lain berada di nomor 0895-6055-39857 (Widya). (Tr06/Adm)