Meski belum memenuhi per seribu dari jumlah penduduk, yang di tetapkan WHO, awal Desember 2020 kapasitas tes Covid-19 di Jambi, sudah melebihi diatas yang ditentukan WHO tersebut.

Awal Desember 2020, Kapasitas Tes di Jambi Diatas Permintaan WHO

Berita Jambi

BERITA JAMBI – Meski belum memenuhi per seribu dari jumlah penduduk, yang di tetapkan WHO. Awal Desember 2020 kapasitas tes Covid-19 di Jambi, sudah melebihi di atas yang di tentukan WHO tersebut.

Hal ini di sampaikan oleh Restuardy Daud, di akhir masa jabatannya sebagai Pjs Gubernur Jambi. Tepatnya, saat melakukan silaturahmi, bersama jurnalis Liputan Provinsi Jambi. Bertempat di rumah dinas gubernur Jambi, pada Jum’at (04/12/2020).

Baca juga : Mimpi Presiden Dalam Santai Ahmad Sahroni dan Kaukus Muda Jambi

Sebelumnya, dalam pertemuan itu Ia menjelaskan bagaimana upaya pemerintah Provinsi Jambi, dalam mensukseskan Pilkada serentak 2020 ini.

Selanjutnya, pria yang sebelumnya menjadi di Mendagri ini menjelaskan, terkait penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi.

Bilangnya, meski belum melakukan tes bagi masyarakat di Provinsi Jambi, sesuai dengan yang disarankan WHO. Namun, untuk kapasitas tes Covid-19 di Jambi, sudah diatas itu.

“Sebagaimana yang di minta WHO, bahwa setiap daerah itu harus melakukan tes sekurang-kurangnya, per seribu dari jumlah penduduk,” katanya.

Dia mengakui, bahwa saat ini Provinsi Jambi memang belum memenuhi hal tersebut, lantaran terkendala oleh prosesnya yang bertahap.

“Tapi per awal Desember ini, kita sudah punya kapasitas tes di atas itu. Jadi, kalau kita punya kapasitas jumlah penduduk 3,6 Juta. Maka kita harus melakukan tes sekitar 3600 perminggu. Nah ini kita punya sekita 4000 kapasitas nya,” terangnya.

Secara Bertahap Akan Di Laksanakan

Oleh karena itu, nanti secara bertahap Dinas Kesehatan di Provinsi Jambi, akan mengaktifkan pelaksanaan tes nya.

“Karena mengingat kembali, munculnya Covid-19 di Jambi ini, kita tahu datang dari luar daerah. Beberapa kluster dari GOA, dan lainnya,” tukasnya.

Tak ayal, nantinya Pemprov Jambi akan aktif mencari, dan melakukan tracking pada masyarakat yang positif Covid-19.

Lihat juga video : Bupati bilang sudah, BPBD Sebut Nunggak honor posko Covid-19 di Merangin

“Dan Alhamdulillah, selama 71 hari kerja ini. Perkembangan Covid-19 di Jambi, ada perkembangan lebih baik.” tukasnya.

Kemudian, acara di lanjutkan bincang-bincang hangat bersama jurnalis di Jambi, dalam ruangan Rumah Dinas Gubernur Jambi itu. (Nrs)