Sejak di landa Covid-19 beberapa waktu lalu, peminat Handphone baru terus menurun. Hp seken jadi incaran warga di Jambi, kok bisa ?

HP Seken Jadi Incaran Warga di Jambi, Ternyata Ini Penyebabnya

Berita Bisnis Berita Jambi

BERITA BISNIS – Sejak di landa Covid-19 beberapa waktu lalu, peminat Handphone baru terus menurun. Hp seken jadi incaran warga di Jambi, kok bisa ?

Sebelumnya, dampak Covid-19 yang mempengaruhi segala sektor. Ternyata juga berimbas kepada penjualan Elektronik, atau pun Handphone.

Baca juga : Baru, Khusus Desember Ini, Swiss-Belhotel Jambi Siapkan Menu Spesial

Hal ini di sampaikan oleh Abdul Hamid, salah seorang karyawan di konter Garuda Cell, yang berada di kawasan Sipin kota Jambi, Rabu (02/12/2020).

Hamid menjelaskan, bahwa semenjak adanya Covid-19 penjualan Handphone pun menurun. Di mana biasanya mencapai target 130 unit ponsel, bahkan lebih dari itu perbulannya.

“Biasanya kita mencapai target 100-130 unit perbulan bahkan bisa lebih, tetapi semenjak Covid ini palingan terjual 80 unit perbulan,”ujarnya.

Kemudian, ia juga menjelaskan semenjak Covid-19 ini, ada beberapa Type Handphone yang mengalami kenaikan harga. Sehingga mempengaruhi juga ke penjualan.

“Kemarin di merk OPPO ada beberapa seri Handphone yang naik. Mulai dari kisaran 100-200 ribu, itu berpengaruh juga terhadap penjualan. Apalagi target,” jelasnya.

Ia juga menerangkan bahwa untuk saat ini, perekonomian yang belum memulih. Dan Handphone menjadi sebuah kebutuhan, untuk menunjang pembelajaran secara Online (Daring). Sehingga masyarakat kebanyakan mencari Handphone yang low Budget.

“Untuk sekarang kebanyakan orang mencari yang Low Budget. Mulai dari harga di bawah 1,5 sampai 1,8 juta,” tukasnya.

Oleh karena itu, mereka pun memberlakukan pembelian Handphone, dengan sistem kredit. Di mana bunganya, berkisaran 10 hingga 20 persen.

“Kredit bisa, pakai Home kredit, FIF dan Kredit Plus. DP nya kisaran 10 hingga 20 persen,” tegasnya.

Tak ayal, dengan berkurangnya minat Handphone baru, Hp seken pun jadi incaran warga di Jambi. Apalagi, saat ini para siswa melaksanakan belajar online.

Kata Anak Pemilik Dika Cell

Seperti yang di sampaikan Ani, anak dari pemilik Dika Cell di Jambi, yang memang khusus menjual Hp seken.

Ani mengatakan bahwa untuk selama Covid-19 ini, penjualan di tempatnya mengalami peningkatan.

“Kalau untuk penjualan mengalami peningkatan. Karena mau tidak mau, mereka harus beli hp buat belajar online,” pungkasnya.

Lihat juga video : Bupati bilang sudah, BPBD Sebut Nunggak honor posko Covid-19 di Merangin

Hal ini di karenakan ada beberapa masyarakat yang tidak mampu, membeli Handphone baru. Sehingga hanya mampu dan bisa membeli hp seken.

“Perekonomian menurun, ada beberapa yang tidak sanggup beli hp baru. Ya larinya ke hp seken lah, asal bisa di gunakan untuk kebutuhan,” tandasnya. (Tr06)