Cawagub Jambi Ratu Munawaroh Zulkifli tampil mempesona, dan memukau dalam debat kandidat Cawagub Jambi sesi kedua, Sabtu (21/11/2020). Saking cinta nya akan budaya Merangin, Ia bahkan kenakan tengkuluk  Renah Pembarab. 

Cinta Budaya Merangin, Ratu Kenakan Tekuluk Renah Pembarap di Debat

Berita Jambi Berita Politik

BERITA PILGUB – Cawagub Jambi Ratu Munawaroh Zulkifli tampil mempesona, dan memukau dalam debat kandidat Cawagub Jambi sesi kedua, Sabtu (21/11/2020). Saking cinta nya akan budaya Merangin, Ia bahkan kenakan tengkuluk  Renah Pembarab.

Tidak hanya soal kecerdasan dan pendalaman materi, pakaian yang di kenakan di debat kandidat tersebut juga jadi daya tarik tersendiri. Hal ini, karena bernuansa Jambi 100 persen.

Baca juga : Ditanya Penampilan Ratu di Debat, CE: Fantastic Women

Rupanya pakaian yang di pakai kandidat nomor urut 1 ini, adalah batik Jambi dengan motif Balam Pucung di padu Tekuluk Renah Pembarap. Ratu menjelaskan, filosofi dari batik Balam Pucung ini.

Menurut Ratu, tumbuhan ini sempat familiar di daerah Sumatera, dan pada masanya sering di tanam di depan rumah.

“Pohon nagasari untuk perabot rumah, lantai dan mebel. Sedangkan, buahnya bisa di makan dan bijinya mengandung lemak, yang sering di gunakan untuk masak,” beber Ratu.

Kemudian untuk Tekuluk Renah Pembarap, di jelaskan Ratu merupakan julukan penutup kepala, yang di padu padankan dengan batik Balam Pucung.

Lihat juga video : Bupati bilang sudah, BPBD Sebut Nunggak honor posko Covid-19 di Merangin

“Tekuluk ini berasal dari Kabupaten Merangin, dan biasa di kenakan istri seorang yang terpandang. Seperti pemangki adat atau orang yang bijaksana, pada zaman dahulu.,” pungkas Ratu.

Tentunya hal ini juga menjadi perhatian khusus. Ternyata Ratu Munawaroh juga begitu cinta budaya Merangin, yang tak lain adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi. (Red)