Panen Padi Lagi, Bupati Salurkan Bantuan Ke Petani Kemingking

Panen Padi Lagi, Bupati Salurkan Bantuan Ke Petani Kemingking

Desa Membangun Muaro Jambi Pemerintahan

MUARO JAMBI – Usai panen Varietas Padi Sailun Salimbai, Kamis (17/9/20) pagi, Bupati panen padi lagi sekaligus salurkan bantuan ke petani di Kemingking Luar.

Didampingi Kepala Dinas Pertanian, M Havis, Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro panen padi di hamparan 30 hektar dari 60 hektar lahan.

Usai panen, Bupati Masnah memberikan bantuan secara simbolis ke beberapa kecamatan.

Baca juga : Polemik Perum Mendalo Residence,  PT RGM Buat Laporan ke Polda Jambi

Bantuan melalui perwakilan petani, Bupati menyerahkan 1000 rol bantuan jaring untuk Kecamatan Maro Sebo.

Petani di Sekernan, mendapatkan 520 roll jaring dan Kumpeh Ulu 500 roll. Masih ada bantuan untuk petani Kemingking Kecamatan Taman Rajo sebanyak 500 roll dan bantuan Power Threser.

Tak sampai disitu, Bupati kemudian menyerahkan bantuan untuk petani di Desa Kemingking Luar, Kecamatan Taman Rajo itu 1 unit perahu, tembilah dan jala dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Balai Pelatihan Pertanian Provinsi Jambi, Zahron Helmi.

Pantauan awak media, tampak hadir, Kepala Badan Pusat Statistik Muaro Jambi, Kadis Perikanan, Kadis Pertanian, Kominfo dan perwakilan OPD lain. Tampak pula Camat Taman Rajo, Rino Oetami.

Kades Kemingking Luar, Dedi Rahmad menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan pemerintah kabupaten. Dimana bantuan untuk para petani, tentulah mendukung termasuk perikanan.

“Dari Dinas Perikanan, ado 11 unit bantuan perahu,” sampai kades seraya mengucapkan terima kasih.

Selain dapat bantuan dari pertanian dan perikanan, Pemkab juga mendukung dengan fasilitas jalan ke sektor pertanian.

Untuk diketahui, luas sawah disini 60 hektar di 3 titik. Sedangkan lokasi panen hari ini, berada di lahan seluas 30 hektar.

Dinas Pertanian, M Havis mengatakan, telah mengalokasikan bibit 60 ton. Ia juga mendorong petani untuk mengunakan Varietas Sailun Salimbai.

Bupati Muaro Jambi

Sementara dalam sambutannya, Bupati Muaro Jambi meminta dukungan untuk petani terus dilakukan. Selain dari program Pemkab, bantuan akan diupayakan dari pemerintah pusat.

“Kalau dari pusat belum dapat, kita upayakan dari APBD Muaro Jambi,” katanya disambut tepuk tangan petani.

Bukan apa-apa, kata Masnah, perhatian pada petani ini sejalan dengan pemerintah pusat. Dimana Presiden Jokowi meminta untuk mengoptimalkan sektor pertanian untuk mencukupi kebutuhan lokal, maupun nasional.

Hal ini, bilang Masnah yang sebelumnya duduk di DPRD Provinsi Jambi, Indonesia sudah menutup impor beras pasca pandemi.

“Dan saya berharap sekali, ke depan Muaro Jambi swasembada beras yang mana kemarin kita sudah launching bibit unggul Varietas Sailun Salimbai,”

Lihat juga video : Klik Disini

Selanjutnya Masnah berharap para petani juga membudidayakan tanaman sayuran. Baik itu di kebun, tumpang sari atau pun memanfaatkan pekarangan.

Untuk hal itu, ternyata Pemkab melalui dinas terkait sudah mengalokasikan. Petani dapat menerima bibit di dinas tersebut. (Red)