Harpenas di Muaro Jambi, 4.500 Rumah Dapat Bantuan Stimulan

Harpenas di Muaro Jambi, 4.500 Rumah Dapat Bantuan Stimulan

Berita Daerah Nasional

MUARO JAMBI – Gubernur Jambi dan Bupati Muaro Jambi, Rabu (16/9/20) hadiri Peringatan Hari Perumahan Nasional. Harpenas 2020 di Muaro Jambi, ada 4.500 rumah dapat bantuan stimulan.

Hadir dalam acara yang dihelat di Desa Tangkit RT 21, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera IV Ir. Indra M. Sutan, MM mengatakan bantuan ini juga membantu menyerap tenaga kerja.

Baca juga : Pensiunan PNS Alumni APDN Jambi, Dukung Penuh Haris-Sani

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Jambi, Bupati Muaro Jambi, Kepala Dinas PUPR Povinsi Jambi. Kemudian Kapolres Muaro Jambi, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera IV, dan Kades Tangkit beserta masyarakat sekitar.

Dalam sambutan Menteri PUPR yang diwakili Kepala BP2P Sumatera IV, rakyat berhak memerlukan rumah apabila ada etikad baik dari semua pihak.

“Ini selaras dengan UU 45 Pasal 28H ayat 1 setiap orang berhak hidup secara lahir batin bertempat tinggal, mendapatkan tempat tinggal serta memperoleh pelayanan kesehatan,” sampainya.

Menteri PUPR mencatat progres program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah menyerap 236.689 tenaga kerja sampai september 2020.

“Ini bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat, untuk menghuni rumah yang layak serta memberi rumah dan membuka lapangan kerja,” bilangnya.

Sementara itu, tujuan bedah rumah untuk mempertahankan daya beli masyarakat serta mengurangi angka pengangguran. Terutama pada masyarakat yang berpenghasilan rendah akibat terdampak covid-19.

Bupati Muaro Jambi

Sementara itu, Bupati Muaro Jambi Hj.Masnah Busro mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Muaro Jambi sebagai penyelenggara Harpenas Tingkat Provinsi Jambi. Masnah juga mengapresiasi bantuan Pemprov Jambi atas bedah rumah, rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu.

“Sektor perumahan di Indonesia harus bangkit karena ikut menggerakkan perekonomian masyarakat. Peran aktif pemerintah dengan menyalurkan dana alokasi APBN, pemerintah daerah melalui program perumahan di daerah,” papar bupati.

Kemudian dukungan dari sektor swasta seperti pengembang, perbankan, serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan harus dilaksanakan dengan baik di lapangan.

“Pembangunan rumah akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan bisa meningkatkan perekonomian,” terangnya.

Lihat juga video : Klik Disini

Tahun 2020, Pemprov Jambi mendapatkan 4.500 rumah dari progra BSPS, untuk Kabupaten Muaro Jambi  mendapatkan 945 rumah dan di Desa Tangkit mendapatkan 75 rumah.

Tahun ini, dari APBD Provinsi Jambi dilakukan bedah rumah di Kabupaten Muarp Jambi dan Kota Jambi, bantuan stimulan berupa uang tunai sejumlah Rp17.500.000. (Tr06)