Semua Desa Harus Dikuatkan, Bupati : Program Dumisake Jawabannya

Semua Desa Harus Dikuatkan, Bupati : Program Dumisake Jawabannya

Merangin Pemerintahan

MERANGIN – Bupati Merangin ingin, semua desa di Tali Undang Tambang Teliti itu, harus dikuatkan. Program Samisake, akan menjadi jawaban dari rencana tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Merangin, Al Haris, saat membuka Rakor Tenaga Profesional Pendamping Desa
Bangko, di Aula Bappeda Merangin pada Selasa (15/09/2020).

Baca juga : Penjualan Motor Seken Membaik, Ini Taktik Penjual di Jambi

Dirinya mengatakan bahwa semua desa harus dikuatkan, baik dari sisi ketahanan pangan, infrastruktur, maupun sumber daya perangkat dari dusun itu sendiri.

‘’Pemerintah berupaya bagaimana memberikan kekuatan desa tersebut, karena penguatan desa itu sangat penting. Nanti program Dua Milyar Satu Kecamatan (Dumisake), yang akan menjawabnya,’’ ujar Bupati Merangin dua periode ini.

Bilangnya, nanti apa-apa saja yang diajukan pemerintah desa, maka itu lah yang akan dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Merangin, sesuai dengan  kebutuhan Masing-masing.

Jadi, tidak semerta-merta memaksakan program, yang sama di seluruh daerah desa tersebut.

‘’Kita tahu setiap desa mempunyai kebutuhan yang berbeda. Untuk menguatkan desa itu, nanti kita akan libatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dan tentunya tenaga profesional pendamping desa,’’ terangnya.

Peran Pendamping Desa

Untuk itu, peran tenaga profesional pendamping desa akan lebih dituntut, agar lebih menguatkan daetahny, lewat program-program pemerintah di setiap dusun ini.

Dengan demikian, kedepannya percepatan pembangunan desa di seluruh Kabupaten Merangin itu, akan sangat terbantu oleh pendamping desa ini.

‘’Kesungguhan teman-teman pendamping desa, sungguh luar biasa dalam percepatan pembangunan desa. Pendamping desa nanti akan menjadi ujung tombak program Dumisake,’’ bebernya.

Tenaga profesional pendamping desa pinta bupati, nanti bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah, sehingga berbagai permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Lihat juga video : Klik Disini

‘’Kedepan  perlu adanya pertemuan antara perangkat desa dengan tenaga profesional pendamping desa. Hal ini untuk membentuk program-program di desa, dengan melibatkan interpensi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,’’ imbuhnya.

Dirinya berharap, dengan melibatkan semua unsur Pemerintahan dan tenaga pendamping desa itu, semua permasalahan diselesaikan dengan baik dan sempurna. (Hms/red)