Akhir pekan dan teriknya matahari, Sabtu (12/9/20) siang, Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro malah asik tinjau jalan di Mestong.

Akhir Pekan dan Terik Matahari, Bupati Malah Tinjau Jalan di Mestong

Muaro Jambi Pemerintahan

MUARO JAMBI – Akhir pekan dan teriknya matahari, Sabtu (12/9/20) siang, Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro malah asik tinjau jalan di Mestong.

Tanpa protokol pemerintahan, Bupati turun didampingi Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi, Yultasmi dan Camat Mestong, Syaifullah.

Mereka melihat ruas jalan Desa Baru, Kecamatan Mestong dengan luas sekira 16 Km. Panas terik, seakan tak dihiraukan bupati.

Jalan ini terkoneksi dengan ruas jalan provinsi, Panerokan dan Ness ke Kabupaten Batanghari ditinjau bupati yang ikut didampingi Kepala Desa Baru, Habib dan jajarannya.

Rupanya, pemerintah desa sudah menyambut kedatangan bupati perempuan pertama di Provinsi Jambi itu. Bertempat di Balai Desa, warga menyapa bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Masnah mengatakan telah membawa pejabat terkait untuk melihat langsung infrastruktur desa yang berpenduduk sekitar 2000 orang itu.

Bilangnya, perbaikan jalan yang disampaikan kades akan ditindaklanjuti. Dengan refocusing anggaran dampak Covid-19, pemkab akan mendorong program GSL dalam anggaran perubahan.

Bupati Tinjau Jalan Desa Baru, Mestong

Akses jalan sendiri, dibangun oleh Pemkab Batanghari pada 1994 lalu. Pemkab Muaro Jambi sendiri, telah melakukan pembangunan bertahap pada 2019 dengan aspal sepanjang 1 Km.

“Untuk rencana selanjutnya, kita akan memperbaiki kerusakan berat dengan Kegiatan GSL,” bilangnya.

GSL akan melakukan perbaikan spot spot yang rusak dan bergelombang serta perbaikan Drainse sepanjang badan jalan. Bupati berharap pula dukungan dari Pertamina yang melintasi jalan ini.

Menariknya, Masnah mengapresiasi program desa yang digalang Kades Habib menghadapi pandemi. Dimana desa, mendorong warga menanam sayuran.

Untuk hal itu, Bupati akan mengupayakan bibit dan peralatan pertanian yang dibutuhkan. Pun Masnah berharap warga ikut memanfaatkan pekarangan.

“Budayakan menanam sayur-sayuran,” bilang Masnah yang pernah duduk di DPRD Provinsi itu mengajak warga.

Baca Juga Destinasi Wisata Baru Lagi, Ini Kelebihan Danau Tangkas Yang Diresmikan Bupati

Seperti  biasanya, Bupati kembali memberikan santunan pada anak yatim, fakir dan janda.

“Alhamdulilah, senang sekali. Mudah-mudahan, biso lanjut lagi,” ungkap Ngatijah, warga RT 11 pada awak media.

Usai di Desa Baru, Bupati dan rombongan masih turun ke jalan. Mereka meninjau jalan Desa Sungai Landai, Mestong.

Bupati Masnah didampingi Kadis PUPR Yultasmi, Kades Desa Baru, Habib dan Camat, Sabtu (12/09/20) tinjau jalan desa di Kecamatan Mestong

Kepala Dinas PUPR  bilang, sejumlah titik jalan di 2 desa yang ditinjau, diharapkan mendapat dukungan dari dewan dapil setempat.

“Selanjutnya kami akan mengusulkan menganggarkan untuk pembangunan dengan pola perkerasan sepanjang ruas jalan ini,” ungkapnya.

Bilangnya, Pemda melalui Camat Mestong dan Kades Desa Baru juga akan melakukan pembicaraan dengan pihak Pertamina dan pihak PTPN. Hal ini guna membantu perbaikan jalan melalui program CSR.

“Karena jalan tersebut terkoneksi dan di akses oleh perusahaan tersebut,” paparnya.

Sedangkan untuk ruas jalan Dusun Sungai Jerat sekitar 6 Km, diterangkan birokrat berkacamata itu, bisa tembus ke Dusun Plangki dan Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sungai Gelam. (Red)