Kasus Gratifikasi Zola, Arfan Akan Segera Disidang

Kasus Gratifikasi Zola, Arfan Akan Segera Disidang

Berita Jambi Hukrim Nasional

JAKARTA – Terkait kasus gratifikasi, yang menjerat Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli waktu itu, Mantan pejabat PUPR Provinsi Jambi Arfan, segera dihadirkan di Pengadilan Jambi.

Sebagaimana diketahui, akibat kasus gratifikasi tersebut, Zumi Zola harus mendekam di penjara selama 6 tahun. Tak ayal, Mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi itu yabg juga terlibat, bakal kembali dihadirkan di persidangan.

Baca juga : Dari 11 Kabupaten/Kota di Jambi, Hanya Merangin Zona Hijau

KPK telah merampungkan berkas, mantan Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Arfan.

Dari informasi yang diperoleh, Mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi, Arfan ini akan segera disidang di PN Tipikor Jambi, terkait kasus Gratifikasi Zola itu.

“Hari ini Tim JPU KPK telah melimpahkan berkas perkara atas nama Terdakwa Arfan (Mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi) ke PN Tipikor Jambi,” ujar Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam pesan singkat kepada wartawan, Selasa (25/8/2020).

Ali mengatakan KPK saat ini menunggu PN Tipikor Jambi untuk jadwal sidang. Arfan akan didakwa dengan Pasal 12B UU Tipikor juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto pasal 65 ayat (1) KUHP atau Kedua pasal 11 UU Tipikor juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto pasal 65 ayat (1) KUHP.

Untuk diketahui, Arfan adalah orang kepercayaan mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola. Arfan terlibat dalam kasus gratifikasi Zumi Zola.

Arfan diduga membantu Zumi Zola mendapat gratifikasi. Total gratifikasi yang diterimanya, adalah Rp 37.477.000.000, USD 173.300, SGD 100.000 dan satu unit Toyota Alphard. Gratifikasi tersebut, berasal rekanan atau pengusaha.

Zumi Zola sendiri sudah menjalani vonis 6 tahun penjara, dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Dia terbukti bersalah, menerima gratifikasi serta memberi suap.

Sumber : Detik.com