Pelaksanaan Rapid Test di Kerinci Belum Capai Target

Pelaksanaan Rapid Tes di Kerinci Belum Capai Target

Kerinci Pemerintahan

KERINCI – Pelaksanaan Rapid tes di Kerinci, Selama Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19), selalu dilakukan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan.

Saat ini pelaksanaan Rapid Tes, sudah dilakukan terhadap 1.400 warga Kerinci. Angka ini masih jauh dari anjuran Kementrian Kesehatan, terkait jumlah Test tersebut.

Baca juga : Waduh, Rekom PDIP Untuk Pilgub Jambi Diberikan Pada Kader ?

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal mengungkapkan, berdasarkan ketentuan dan anjuran dari pemerintah, bahwa pada pelaksanaan Rapid Test yaitu 10 persen dari jumlah penduduk.

Namun jumlah tersebut, tidak tercapai karena ketersediaan alat Rapid Test yang sangat terbatas.

“Kita telah mengajukan untuk pembelian Alat Rapid Test, dan telah disetujui oleh Pemkab Kerinci sebanyak 4 ribu,” ungkap Hermendizal.

Dijelaskan Hermendizal, dengan adanya alat Rapid Test, yang telah dianggarkan menggunakan APBD Kabupaten Kerinci ini, maka paling tinggi pelaksanaan Rapid Test sekitar 5 persen dari jumlah penduduk Kerinci.

Baca juga : Kepala Kejati Jambi Diberhentikan, Ini Jabatan Barunya

Lihat juga video : Klik Disini

“Nantinya, kita akan melihat perkembangan dari penyebaran Covid-19. Jika bertambah, maka akan diajukan kembali untuk pembelian Alat Rapid Test tersebut,” terangnya.

Saat ini, alat Rapid Test yang tersedia pada Dinas Kesehatan sekitar 500, dan bantuan alat Rapid Test dari Provinsi Jambi. Maupun pusat hanya pada saat pertama saja. Sementara saat ini, harus dianggarkan melalui APBD. (Jul)