Segera Cair, Tidak Hanya Untuk PNS, Tapi CPNS Juga Dapat Gaji ke-13

Segera Cair, Tidak Hanya Untuk PNS, Tapi CPNS Juga Dapat Gaji ke-13

Nasional

JAKARTA – Akan direncanakan cair pada 10 Agustus 2020 ini, tidak hanya untuk PNS, akan tetapi CPNS juga dipastikan dapat gaji ke-13.

Pemerintah memutuskan pencairan gaji ke-13, Aparatur Sipil Negara (ASN) / Pegawai Sipil Negara (PNS) bisa dilakukan bulan ini. Kabar baik, tak hanya PNS, tapi juga untuk CPNS dipastikan dapat gaji ke-13.

Baca juga : Spektakuler, Malam Takbiran Idul Adha di Merangin

Hal ini termaktub dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, Atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil, Dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan.

Merujuk pasal 11 PP 44/2020, gaji ke-13 CPNS yakni 80 persen dari gaji pokok PNS. Komponen gaji ke-13 lainnya adalah tunjangan keluarga, serta tunjangan jabatan dan tunjangan umum.

Pemberian gaji ke-13 ini rencananya akan dilaksanakan pada Senin, 10 Agustus 2020. “Iya benar (gaji ke-13 akan dicairkan pada 10 Agustus 2020),” ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto, Sabtu ( 8/8).

Untuk besaran gaji ke-13 sendiri yang diberikan 3 tahap, pada bulan Juli 2020, kisaran di pasal 5 ayat 1.

Jika pada bulan Juli pegawai belum mendapatkan, gaji atau menerima gaji dengan jumlah yang kurang. Selisihnya akan tetap pemerintah (pasal 2).

Berikut bunyi pasal 5 ayat 1 dan 2:

(1) Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan tiga belas ayat dalam Pasal 2 yang diberikan paling banyak tahap pada bulan Juli.

(2) Dalam hal tahapan pada bulan Juli yang dimaksud pada ayat (1) belum tingkat sebesar tahap yang seharusnya diterima karena yang bersangkutan tetap tahap yang diberikan selisih kekurangan Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ketiga belas.

Sebagai catatan, pajak pada pasal 6 dan 8, pembayaran gaji ke-13 termasuk gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Untuk pimpinan atau pegawai non-PNS pada LNS, sesuai dengan pasal 9, gaji nominal ke-13nya dimasukkan dalam lampiran PP 44/2020 Halaman 25 dan Nomor 26.

Lalu untuk pimpinan atau pegawai non-PNS pada BLU, nominalnya sebesar gaji komponen pada remunerasi. Paling banyak tahap yang diberikan kepada PNS (lihat pasal 10).

Nanti untuk calon PNS, termasuk pasal 11, besarannya adalah 80 persen dari gaji pokok PNS. Komponen gaji ke-13 lainnya adalah tunjangan keluarga serta tunjangan jabatan dan tunjangan umum.

Besaran ini nantinya tidak akan dikenakan iuran atau potongan apapun namun tetap pajak pajak (lihat pasal 14).

 

 

 

 

 

 

 

SumberMerdeka.com