Bangunan SDN 86/IX di Muara Jambi Terbengkalai, Ini Jawaban Disdikbud

Bangunan SDN 86/IX di Muara Jambi Terbengkalai, Ini Jawaban Disdikbud

Berita Daerah Pendidikan

MUARO JAMBI – Terkait  bangunan gedung SDN 86/IX di Muaro Jambi, yang dibiarkan terbengkalai baru-baru ini, akhirnya dijawab oleh Disdikbud setempat.

Sebelumnya diketahui, SDN 86/IX di Desa Tebat Patah, Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi, terkesan dibiarkan terbengkalai oleh Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat.

Baca juga : Distribusi Bantuan BLT Covid-19 di Jambi Terkesan Gagal, PT Pos : Kebijakan Kemensos

Tak ayal, banyak masyarakat dan pihak guru dari sekolah tersebut mengeluh dengan bangunan SDN 86/IX di Muaro Jambi yang terbengkalai tersebut. k
Karena khawatir kondisi itu nantinya dapat membahayakan murid, saat belajar di kelas.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdikbud Muaro Jambi, melalui Kepala Seksi Sarana dan Prasarana M.Sabki A,S.Pd akhirnya angkat bicara.

Sabki mengatakan, mengenai persoalan itu pihaknya sudah turun ke empat kecamatan, yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, dan melihat langsung kondisi bangunan sekolah yang rusak tersebut.

“Kita juga sudah melihat langsung terkait bangunan-bangunan sekolah, yang memang rusak berat. Namun kita juga akan melihat urgenitas dari sekolah-sekolah tersebut,” katanya pada Rabu,(05/08/2020) di ruang kerjanya.

Ia juga menambahkan, bahwa pada tahun 2020 ini, anggaran dari APBD-P sendiri sepertinya tidak ada, untuk perehaban bangunan sekolah.

Terlepas dari itu, saat disinggung soal proposal yang pernah diajukan oleh Kepala sekolah terdahulu, pihaknya juga sudah menyampaikan untuk membuat kembali proposal baru.

Tahun 2021 Sudah Diajukan Perencanaan

Ia menerangkan, karena di tahun 2021 nanti sudah ajukan banyak perencanaan perehaban bagi sekolah, ke Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Serta Badan Penganggaran Daerah (BPAD), dengan kuota sekitar 60-70 persen.

“Semoga dari yang kita ajuan 60-70  persen tersebut, dapat diwujudkan oleh pihak pemerintah,” bebernya.

Akan tetapi, bilangnya Disdikbud Muaro Jambi tidak dapat memastikan, apakah anggaran yang disiapkan akan cukup atau tidak.

“Karena pembangunan kan tidak hanya di bidang pendidikan saja, di Kabupaten Muaro Jambi ini. Melainkan banyak bidang lain juga, yang harus dibangun,” jelasnya.

Selain itu, ia juga tidak mengetahuinya sekolah mana saja yang akan diperbaiki, dalam anggaran yang sudah disiapkan tahun 2021 nanti. Karena bukan pihaknya yang memvalidasi, melainkan pihak lain.

“Karena Badan Perencanaan yang akan memvalidasi kelayakan atau tidaknya,  sekolah-sekolah yang diajukan tersebut untuk direhab.” Papanya.

Tak hanya itu, kebutuhan sekolah akan perehaban dan lainnya, juga nanti akan dilakukan koordinasi terlebih dahulu, melalui hearing bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muaro Jambi.

Lihat juga video : Klik Disini

Pun demikian, dirinya dapat memastikan bahwa Disdikbud Muaro Jambi akan terus berupaya, dalam mengakumulir kebutuhan sekolah dasar yang ada di Kabupaten tetangga Kota Jambi itu.

“Yakinlah, Disdikbud Muaro Jambi akan terus mengakumulir kebutuhan-kebutuhan sekolah dasar, yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. Meskipun nantinya persentasi yang terlaksana tidak mencapai kuota yang diinginkan, tetapi kita akan terus ajukan. Sehingga sekolah-sekolah yang membutuhkan  perehapan, dapat secara berangsur-angsur dapat direhab di tahun-tahun mendatang,” tutupnya . (Very)