Fasha Dilemahkan, Pengamat Bilang 2 Kandidat Dari Barat Jadi Terkuat

Fasha Dilemahkan, Pengamat Bilang 2 Kandidat Dari Barat Jadi Terkuat

Berita Daerah Berita Politik

JAMBI – Usai beredarnya surat Rekomendasi Partai Gerindra untuk Fachrori-Safrial, Pengamat nilai Fasha bakal Dilemahkan. Bahkan Paslon terkuat jadi mengerucut.

Hal ini disampaikan oleh Navarin Karim, selaku pengamat politik Jambi saat dikonfirmasi Dinamikajambi.com pada Kamis (30/07/2020) malam.

Baca juga : Beredar Surat Rekom Gerindra, Isinya Mengejutkan

Sebelumnya diketahui, bahwa beberapa waktu lalu Partai Gerindra digadang-gadangkan, bakal usung Syarif Fasha di Pilgub Jambi mendatang.

Namun, secara mengejutkan, surat rekomendasi Partai berlambang kepala Garuda baru-baru ini beredar di media sosial.

Mengejutkan lagi, dalam isi surat tersebut dituliskan bahwa dukungan Gerindra ditunjukkan pada pasangan calon Fachrori Umar dan Safrial.

Tak ayal, hal ini pun mendadak heboh. Mengingat, secara mengejutkan rekomendasi yang beredar tersebut, berisikan dukungan pada kandidat lain, bukan Fasha.

Menanggapi hal tersebut, Navarin Karim menilai bahwa kalau benar rekomendasi itu berikan pada Fachrori-Safrial. Maka, ini bakal menggeser posisi Fasha, dan bisa juga dilemahkan di Pilgub Jambi mendatang.

“Tentu ini akan melemahkan Fasha. Posisi Fasha pun juga terancam. Apalagi, Gerindra ini adalah Partai yang lagi Fenomenal, dan diincar oleh banyak calon kandidat,” kata pria yang juga menjadi dosen Universitas Jambi itu, melalui selulernya.

Selain itu, dengan mendukung kandidat lain seperti Fachrori, Gerindra juga tidak bisa memberi pengaruh besar bagi pria yang menjabat sebagai Gubernur Jambi itu di Pilgub nanti.

“Menurut saya pengaruhnya juga tidak terlalu besar bagi Fachrori. Karena Partai besar lainnya di Jambi, juga sudah mengarah kepada kandidat lain, seperti Cek Endra dan Al Haris.” Ungkapnya.

Mengerucut Jadi Dua Calon

Oleh karena itu, menurut Pengamat Politik Jambi tersebut, pertarungan bakal kandidat di Pilgub Jambi nanti, bakal mengerucut menjadi dua calon. Yakni calon dari Jambi Barat, yakni Cek Endra dan Al Haris.

“Dari pandangan saya juga, pertarungan ini nanti akan mengerucut pada dua kandidat nantinya. Yaitu Cek Endra dan Al Haris,” ujarnya.

Selanjutnya, berbeda jika dukungan Gerindra ditujukan pada Syarif Fasha. Dimana, jika ini terjadi, maka bisa dikatakan ada 3 kandidat terkuat yang akan bertarung di Pilgub Jambi itu.

“Kalau Gerindra ke Fasha, itu bisa menguatkan Fasha. Karena ada pandangan, 3 pasangan ini, yang tadinya akan bersaing kuat di Pilgub.” bebernya.

Lalu apa alasan Dosen Unja tersebut mengatakan bahwa hanya 3 nama kandidat ini menjadi yang terkuat di Pilgub. Sedangkan, ada nama Fachrori yang juga merupakan Petahana ?

Mengenai alasan itu, Navarin kembali membeberkan bahwa dalam perhelatan Pemilihan Gubernur Jambi nanti, masyarakat ingin perubahan.

Dengan demikian, ia menilai hanya 3 Kandidat seperti Cek Endra, Al Haris dan Fasha, adalah bakal menjadi kandidat terkuat. Dan bisa bertarung dalam mewujudkan perubahan, yang dinginkan oleh masyarakat di Provinsi Jambi.

“Pasangan ini kan ada pandangan bahwa, 3 pasangan itu yang tadinya akan bersaing. Orang juga menghendaki perubahan,” paparnya.

Lihat juga video : Klik Disini

Akan tetapi, karena Rekomendasi Partai Gerindra diberikan pada Fachrori, Ia menilai pertarungan yang sesungguhnya di Pilgub Jambi nanti, bakal mengerucut menjadi 2 Kandidat terkuat. Yakni Cek Endra dan Al Haris.

“Jadi saya berani bilang, dan memberikan pandangan pertarungan ini bakal mengerucut menjadi 2 Kandidat. Yang jelas Partai besar lah, seperti PAN dan PDIP. Yang diusung partai besar ini lah. Saya melihat 2 Kandidat ini Haris sama Cek Endra.” Tukasnya. (Nrs)