Ombudsman Terima Laporan Soal PPDB, Sistem Zonasi Bermasalah

Ombudsman Terima Laporan Soal PPDB, Sistem Zonasi Bermasalah

Berita Daerah Pendidikan

JAMBI –  Dalam menghadapi tahun ajaran baru 2020 ini, Ombudsman terima laporan soal PPDB di Provinsi Jambi, yang disebutkan ada sistem zonasi yang bermasalah.

Hal ini disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi Jafar Ahmad, bahwa pihaknya menerima 4 laporan, terkait PPDB tahun 2020 ini.

Baca juga : RUU HIP Jadi Polemik di Masyarakat, Petinggi Jambi Gelar Diskusi

Kepala Ombudsman itu mengakui bahwa, pihaknya terima laporan soal PPDB tersebut. Dari 4 laporan ini, baru satu yang secara resmi. Sedangkan 3 lainnya, masih berbentuk konsultasi.

“Laporan resmi cuma baru satu. Yang tiga nya baru sebatas konsultasi,” kata Jafar melalui selulernya, Rabu (15/07/2020).

Dirinya menambahkan, bahwa satu laporan resmi yang mereka terima tersebut, berisikan terkait adalah sistem zona yang dinilai bermasalah.

Pun demikian, ini masih sebatas laporan yang akan ditindaklanjuti, dan akan meminta keterangan. Baik dari pelapor maupun yang dilaporkan.

“Laporan sedang dalam proses pemeriksaan. Kami akan meminta keterangan kepada para pihak, baik pelapor maupun terlapor dan pihak terkait.” Ungkapnya.

Dalam laporan itu, kata Jafar disebutkan ada sistem zonasi dalam proses PPDB di Provinsi Jambi, yang dinilai bermasalah.

“Laporan pelapornya menyebutkan sistem zonasi yang bermasalah. Kebenaran menyalahi atai tidak menyalahi akan ditentukan, setelah pemeriksaan para pihak.” Bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya akan memproses laporan tersebut, untuk ditindaklanjuti agar memperoleh kebenaran.

Lihat juga video : Klik Disini

Tak hanya itu, dari laporan ini juga bisa ditemukan bermasalah, begitupun sebaliknya.

“Belum, masih proses pendalaman melalui pemeriksaan. Boleh jadi tidak ditemukan kesalahan (maladministrasi), tapi boleh jadi juga ditemukan.” Tukasnya menutup sesi wawancara. (Nrs)