Begini Nasib Atlet Indonesia Setelah Pensiun

Begini Nasib Atlet Indonesia Setelah Pensiun

Nasional Olahraga

JAKARTA – Chris John beberkan bagaiamna nasib atlet Indonesia, setelah pensiun dari bidang yang ditekuni selama masih menjadi kebanggaan negara.

Mantan petinju itu, mengungkapkan bagaimana nasib atlet Indonesia setelah pensiun. Mulai dari pekerjaan hingga ke aktivitas yang bisa dilakukan.

Baca juga : Objek Wisata Danau Pauh di Merangin Bikin Kecewa Dewan

Siapa yang tak kenal mantan atlet petinju Chris John. Namanya kian dikenal publik setelah mencatat rekor sebagai juara dunia kelas bulu pertama yang berasal dari Indonesia.

Terkait dengan hal itu, Chris John pun sempat menjadi maskot dari petinju Indonesia.

Sejak 2013, Chris John akhirnya memutuskan untuk pensiun dari karier atletnya. Meski begitu, Chris John hingga saat ini masih terlibat dalam dunia olahraga dan menjadi salah satu staff di KONI.

Saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (13/7/2020), Chris John menyempatkan diri untuk memberi tanggapan terkait nasib mantan atlet Indonesia yang sudah pensiun.

Chris John menjelaskan, beberapa dari atlet setelah pensiun akan ditawarkan untuk bekerja untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS), meskipun kontrak.

“Akhirnya masing-masing atlet, Pemda sebenarnya kasih reward selain bonus, diterima jadi pegawai negeri biarpun kontrak, tapi kan itu lumayan, kalau atletnya berprestasi,” ujar Chris John.

Lanjut Chris John

Lebih lanjut, Chris John menjelaskan kesempatan atlet yang sudah pensiun untuk lebih kreatif lagi. Chris memberi masukkan kepada atlet yang sudah pensiun untuk tetap berkecimpung di dunia olahraga.

“Bonusnya juga lebih baik, sekarang kalau atlet kreatif dia bisa jadi pelatih private. Kenapa nggak kan?” tuturnya.

“Memanfaatkan kemampuan mantan atlet untuk melatih,” sambung Chris lagi.

Bukan hanya itu, Chris John juga menyempatkan diri untuk memberikan tanggapannya, terkait perkembangan dunia olahraga Tanah Air beserta atletnya.

Terkait dengan pandemi Corona, Chris merasa hal itu juga berdampak pada bidang olahraga, termasuk event perlombaan.

“Ya sebagian cabang olahraga cukup baik, mungkin bulutangkis, atletik, renang. Cuma yang lain ada beberapa yang kurang bagus juga, terutama di event pertandingan yang jarang. Apalagi ada pandemi, wah mungkin sekarang nggak ada event,” jelasnya.

“Padahal menurut saya seorang atlet butuh jam terbang untuk tanding. Selain dukungan dari pemerintah, seperti pelatih yang baik, asupan gizi yang baik. Kan harus disupport dana juga untuk dapatkan itu,” paparnya.

Meski sudah pensiun dari dunia atlet, Chris John masih tetap senang, berkecimpung di dunia olahraga.

“Tetap dunia saya olahraga, saya tetap lebih seneng (olahraga). Ini juga kan masih di sekeliling itu jadi kenapa nggak,” tutup Chris John.

SumberDetik.com