Kerinci Batal Masuk Zona Hijau, Sekolah di Merangin Boleh Buka Seperti Biasa

Kerinci Dikecualikan, Sekolah di Merangin Boleh Buka Seperti Biasa

Berita Daerah Pendidikan

JAMBI – Sejak adanya penambahan kasus, dan pasien Positif meninggal waktu lalu, Kerinci zona hijau yang dikecualikan untuk melakukan proses belajar di sekolah secara tatap muka.

Sebelumnya diketahui, awalnya ada 5 Kabupaten di Provinsi Jambi masuk zona hijau Covid-19. Diantaranya yakni Kerinci, Bungo, Tebo, dan Merangin.

Baca juga : Tes Urine 13 ASN di OPD Provinsi Jambi Positif, Sekda Bakal Lakukan Rehabilitasi

Namun, terkait adanya kasus baru dan kematian Pasien Covid-19, Kerinci yang termasuk zona hijau dikecualikan. Dan tidak diizinkan untuk buka sekolah, pada tahun ajaran baru nanti.

Dengan demikian, dalam mengahadapi tahun ajaran baru 2020 ini, sektor pendidikan di Kerinci tetap melaksanakan kegiatan belajar secara daring.

Akan tetapi, untuk kabupaten lain yang berada di zona hijau seperti Bungo,Tebo, Tanjabtim dan Merangin boleh buka sekolah seperti biasa. Akan tetapi tetap dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Hal ini dilihat berdasarkan kesepakatan, Rapat Gugus Tugas Provinsi Jambi, pada hari Jum’at (10/07/2020) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, ada beberapa poin yang disampaikan.

Diantaranya yakni sebagai berikut ;

  • Pembukaan sekolah hanya dilaksanakan untuk wilayah kabupaten kota dengan zona hijau, dengan pengecualian Kabupaten Kerinci. Karena ada penambahan kasus dan satu kematian. Zona hijau yang diperbolehkan membuka sektor pendidikan, atau kegiatan lain dengan dampak ekonomi rendah adalah, Kabupaten Bungo, Tebo, Merangin dan Tanjabtim.
  • Kegiatan berdampak ekonomi sedang dan tinggi, sebagaimana yang tertera pada matriks rekomendasi diatas, disesuaikan dengan kondisi Zonasi wilayah masing-masing Kabupaten Kota.
  • Evaluasi mingguan Zonasi dilakukan dengan penyediaan data update, dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, belum koordinasi dengan RS rujukan Covid-19, setiap 7 hari dengan data kondisi harian.
  • Evaluasi kondisi tanggal 12 Juli (Minggu ke-16, periode ke 6-12 Juli 2020), akan diupdate selambat-lambatnya pada tanggal 14 atau 15 Juli 2020. Selanjutnya akan ditentukan kemudian dengan kondisi update,. Kondisi Zonasi per Minggu.
  • Bila kota Jambi sebagai daerah yang dinilai cukup siap, dalam penerapan new Normal namun masih dengan status zona kuning.  Dapat melakukan uji coba penerapan new normal, dengan pemetaan resiko tinggi Kecamatan. Dan dapat melaksanakan pembukaan, sektor pendidikan pada Kecatamatan dengan zona hijau, menggunakan pemetaan resiko menggunakan 15 indikator Gugus Tugas nasional. Oleh Tim pakar dan analisis Gugus Tugas Provinsi Jambi, dan Gugus Tugas kota Jambi.

(Nrs)

 

Lihat juga video : Klik Disini