Jelang Hari raya Idul Adha mendatang, Dinas Peternakan Kerinci pastikan kesehatan hewan korban. Hal ini agar, nantinya antisipasi kesiapan saat disembelih.

Dinas Peternakan Kerinci Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Berita Daerah

KERINCI – Jelang Hari raya Idul Adha mendatang, Dinas Peternakan Kerinci pastikan kesehatan hewan korban. Hal ini agar, nantinya antisipasi kesiapan saat disembelih.

Hari Raya Idul Fitri sudah usai, kini umat Islam menyongsong perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah, atau dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban. Perayaan tersebut diperkirakan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020.

Baca juga : Kabar Baik, 2 Orang Perempuan di Kota Jambi Sembuh Dari Corona

Untuk menyongsong Idul Adha, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kerinci, akan memastikan dan melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban.

Kepala Bidang Peternakan drh. Wira Jaya mengatakan, pengecekan kesehatan hewan kurban dimasa pandemi Covid-19, akan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dimana petugas pemeriksa, peternak dan panitia penyelenggara hewan kurban, harus mengatur jarak.

“Disamping itu, kita akan melakukan pembersihan ditempat-tempat penampungan hewan kurban. Serta melakukan deteksi awal, terhadap kesehatan hewan kurban. Dimana akan dimulai pada H-7, jelang Hari Raya Idul Adha,” ungkap Wira, Jum’at (10/7/2020).

Selain itu, Petugas juga akan memberikan label bagi hewan yang dinyatakan sehat, dan tidak menunjukan gejala sakit secara klinis. Sehingga hewan tersebut layak untuk dipotong, dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Ia menyebutkan, rata-rata setiap tahun Kabupaten Kerinci membutuhkan hewan kurban sapi sebanyak 1.392 ekor, Kambing 450 ekor dan Kerbau sebanyak 16 ekor.

Dengan demikian, jika ditotalkan kebutuhan hewan kurban, di Kabupaten Kerinci sebanyak 1.856 ekor.

“Untuk tahun ini terkait dengan adanya wabah Covid-19, yang berdampak terhadap terjadinya penurunan daya beli masyarakat. Diperkirakan jumlah hewan kurban yang dibutuhkan, akan menurun dari tahun-tahun sebelumnya.” Bebernya.

Lihat juga video : Klik Disini

Pun demikian, dipastikan ketersediaan hewan kurban menghadapi Idul Adha nanti, bisa terpenuhi. Karena juga banyak di datangkan dari luar daerah.

“Insya Allah ketersediaan hewan kurban yang berada pada peternak, maupun yang di datangkan dari daerah luar mencukupi di Kabupaten Kerinci,” tambahnya. (Jul)