Kuasa Hukum Istri Gubernur Mengaku, Lapor Iin ke Polisi Disuruh Rahima

Kuasa Hukum Istri Gubernur Mengaku, Lapor Iin ke Polisi Disuruh Rahima

Berita Daerah Berita Viral Hukrim

JAMBI – Pelaporan Iin Habibi yang merupakan Ketua Badko HMI cabang Jambi, oleh Kuasa Hukum Istri Gubernur Jambi murni karena postingan di Facebook.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kuasa Hukum Istri Gubernur Jambi, Ilham Kurniawan Dasritas, Jum’at (05/06/2020).

Baca juga : Ketum Badko HMI Diperiksa Polda, Aktivis Jambi Bereaksi

Menurut Ilham Kritik adalah hak konstitusional, tapi menghina dan mencemarkan nama baik perorangan adalah Delik Aduan /Pidana.

Sebelumnya, pasca berita tentang Pengaduan atas dugaan tindak pidana, penghinanan dan atau pencemaran nama baik yang di posting oleh akun facebook Iin Habibi, hingga saat ini terus berlanjut.

Iin Habibi dilaporkan ke Kapolda Jambi, dimana korban yang melakukan pengaduan adalah Rahima Fachrori atas nama pribadi.

Dalam perkara ini, Rahima memberikan kuasa kepada Ilham Kurniawan Dartias. SH.MH dan Tim selaku advokatnya.

Saat diminta keterangan terkait hal tersebut, Ilham mengatakan benar ada Pengaduan dari Rahima selaku pihak yang merasa dirugikan oleh postingan akun Facebook Iin Habibi.

Kata Ilham

Katanya, postingan itu diduga dan dinilai mengandung muatan penghinaan, atau mencemarkan nama baik sebagaimana diatur dalam UU 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

“Tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik, dalam bidang Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik bukan semata-mata sebagai tindak pidana umum. Melainkan sebagai delik aduan,” ujarnya.

Lebih lanjut, penegasan mengenai delik aduan dimaksudkan, agar selaras dengan asas kepastian hukum, dan rasa keadilan masyarakat.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa pelaporan atau pengaduan ini, murni persoalannya adalah karena postingan yang dilakukan oleh akun facebook An. Iin Habibi. Damana secara spesifik ditujukan kepada pribadi Rahima, yang diserta kalimat atau kata-kata yang patut diduga sebagai penghinaan atau mencemarkan nama baik.

Lihat juga video : Kecelakaan Beruntun 4 Unit Mobil Pajero Naik Ke Atas Honda Jazz

Terkait materi pengaduan sudah dalam penyelidikan Polda Jambi, maka mereka biarkanlah proses hukum yang menentukan. Dimana itu sudah menjadi ranah penyidikan kepolisian.

“Kita ini negara hukum, semua sudah ada aturannya. Soal bagaimana kedepannya kita lihat nanti, kita serahkan kepada pihak berwenang untuk menyelesaikannya,” Terangnya. (Nrs)