Gubernur Salurkan Bantuan JPS Covid-19 Untuk Kota Jambi

Gubernur Salurkan Bantuan JPS Covid-19 Untuk Kota Jambi

Pemerintahan Provinsi

JAMBI – Gubernur Jambi Fachrori Umar, salurkan bantuan JPS Covid-19 Provinsi Jambi, sebanyak 2.282 paket sembako dan uang tunai, bagi masyarakat terdampak wabah corona di Kota Jambi.

Penyerahan bantuan JPS Covid-19 tersebut, berlangsung di Posko Gugus Tugas Kota Jambi kantor Damkar, Senin (1/6/20).

Baca juga : Besok, Bantuan Covid-19 Dari Pemprov Akan Diserahkan ke Merangin

Pemerintah Provinsi Jambi telah melakukan kerjasama, dengan Pemerintah Kota Jambi dalam menetapkan besaran alokasi keseluruhan JPS Covid-19. Dimana dengan jumlah alokasi daftar calon penerima JPS, Kota Jambi 3.012 rumah tangga.

Adapun penetapan kriteria penerima yakni sebagai berikut ;
  1.  Mempertimbangkan risiko terjadinya tumpang tindih, double counting dan ketidaktepat sasaran baik yang bersumber dari APBN, APBD Kabupaten, CSR/Swasta dan pihak lainnya.
  2. Memperhitungkan rasio penduduk miskin.
  3. Memperhitungkan sektor-sektor lapangan usaha di tiap Kabupaten/Kota dan jumlah tenaga kerja yang mungkin terdampak secara langsung dan tidak langsung.
  4. Memperhitungkan dan melakukan prognosis, atas dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi tiap Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. selamat Tahun 2020.

“Penyediaan Jaring Pengaman Sosial ini, menjadi salah satu bentuk kontribusi serta upaya Pemerintah Provinsi, dalam membantu mengurangi beban Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai prinsip 3T. Dimana yaitu tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu,” ungkapnya.

Ia berharap agar JPS yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota, khususnya Kota Jambi dapat secara bertahap disalurkan kepada masyarakat, dengan tetap berpegang teguh pada kebijakan sosial dan Physical Distancing.

Selanjutnya dapat membantu meringankan beban masyarakat Provinsi Jambi, yang terdampak. Serta mematuhi imbauan pemerintah untuk selalu hidup bersih dan sehat, dengan standar kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan, Pemerintah Pusat telah melakukan berbagai kebijakan refocusing anggaran, dalam alokasi bantuan bagi masyarakat yang terdampak diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Pembebasan Biaya Listrik Subsidi dan lain sebagainya.

Lihat juga video : Kecelakaan Beruntun 4 Unit Mobil

Gubernur Jambi menegaskan penentuan daftar calon penerima JPS ini, juga dilaksanakan sesuai dengan surat edaran KPK Nomor 11 Tahun 2020 Tanggal 21 April 2020.

Dan ini tentang Penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan data Non DTKS dalam pemberian bantuan sosial kepada masyarakat. Serta keputusan kepala daerah di masing-masing kabupaten/kota, dalam Provinsi Jambi. (*/Red)