Ibu hamil pengidap HIV ditemukan di Tanjabbar. Data yang dihimpun di Dinas Kesehatan Tanjabbar, Januari hingga Maret ada 5 kasus baru HIV.

Ibu Hamil Pengidap HIV Ditemukan di Tanjabbar

Berita Daerah

TANJABBAR – Ibu hamil pengidap HIV ditemukan di Tanjabbar. Data yang dihimpun di dinas Kesehatan Tanjabbar, Januari hingga Maret tercatat ada 5 kasus baru HIV.

Hal ini disampaikan Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2PM) Dinas Kesehatan Tanjabbar, Ermayanti melalui bagian pengelola program HIV, Yundri.

” Nah di triwulan pertama 2020 ini dari Januari hingga Maret itu kita temukan ada lima kasus HIV dan itu bukan mobile VCT tapi kita dapat dari RS dan screening ibu hamil,” ungkapnya

Selain itu, Ia mengungkapkan saat ini pihaknya tengah melakukan pengawasan terhadap satu orang ibu hamil yang pengidap HIV di Tanjabbar.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil screening terhadap ibu hamil yang memang tergolong orang rentan.

Baca Juga : Selama 2 Tahun, 10 Penderita HIV Meninggal Dunia

Baca Juga : Obati Pasien Dari Jambi, Dukun di Sumbar Terpapar Covid-19

“Jadi ibu hamil tadi baru tau kalau dia kena HIV, kemudian kita notice suaminya dan ternyata istrinya tadi dapat dari suaminya,” terangnya

Sementara itu, Yundri menerangkan bahwa terhadap adanya kasus ditemukannya ibu hamil, pihaknya memiliki program Pencegahan Penularan dari Ibu ke Anak (PPIA). Pada saat melahirkan pun kata Yundri tidak dilakukan secara normal.

” Lahiran juga tidak normal jadi dilakukan secara sesar. Karena kalau normal kita khawatirkan beresiko tinggi terhadap anaknya,” sebutnya.(hry)