Warga Miskin di Jambi Akan Dapat Bantuan Rp. 600 Perbulan, Ini Syaratnya

Warga Miskin di Jambi Akan Dapat Bantuan Rp. 600 Perbulan, Ini Syaratnya

Berita Daerah

JAMBI – Kabar baik bagi masyarakat Desa, pasalnya bagi warga miskin di Jambi yang terdampak Corona, akan diberikan bantuan Rp. 600 ribu perbulan untuk satu KK.

Hal ini disampaikan langsung oleh Lutfiah selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (P3AP2) Provinsi, pada Kamis (16/04/2020).

Baca juga : Gratis PDAM dan Pajak, Ini Keputusan Bupati Muaro Jambi

Seperti diketahui, dalam mengatasi permasalahan-permasalahan ekonomi, yang terdampak oleh wabah Virus Corona saat ini, Pemerintah pusat telah sepakat alihkan dana Desa untuk membantu masyarakat miskin di desa.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi, melalui Dinas P3AP2 menyampaikan bahwa, bagi warga miskin di Jambi yang ada di setiap desa, akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp. 600 perbulan.

“Dari persetujuan Menteri kemarin, Dana Desa bisa diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT/Red), kepada masyarakat miskin di desa.” Katanya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa bantuan tersebut akan diberikan dengan syarat, yakni bagi warga yang belum menerima bantuan lainnya.

“Yang menerima bantuan BLT ini, adalah dikuar yang terkaper dari bantuan PKH, Bansos dan kartumu Pra kerja, dan kartu yang lainnya.” Jelasnya.

Besaran Jumlah Bantuan

Sedangkan untuk berapa besarannya, yakni sebesar Rp. 600 perbulan untuk per KK. Dan ini selama 3 bulan, terhitung daru bulan April hingga Juni.

Oleh karena itu, saat ini tim Pemerintah yang ada di setiap desa di Provinsi Jambi, sedang menginpetarisasi KK miskin, yang belum menerima dati bantuan lainnya

“Nah ini nanti bisa dibantu, dan akan di interpensi melalui bantuan BLT ini.” Ungkapnya.

Dirinya juga berharap, bahwa bantuan ini nantinya dapat membantu masyarakat desa, yang terdampak dari Virus Corona saat ini.

“Semoga bantuan ini bisa membantu masyarakat yang terpapar, atau yang mengalami bencana COVID-19 ini.” Imbuhnya.

Untuk diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pemerintah telah menetapkan alokasi besaran dana desa sebesar Rp. 960 juta untuk setiap desa.

“Pada 2020, rata-rata alokasi dana per desa mencapai Rp 960 juta,” ujar Tito sebagaimana dikutip dari siaran pers Kemendagri, Senin (17/2/2020) dikutip dari Kompas.com.

(Nrs)

Data Terbaru Covid-19 di Provinsi Jambi, Jumat 17 April 2020