Bantu Warga Terdampak Corona, Pemkab Batanghari Siapkan 7,5 M

Bantu Warga Terdampak Corona, Pemkab Batanghari Siapkan 7,5 M

Batanghari Pemerintahan

BATANGHARI – Berikan bantuan kepada Buruh Tani Karet, Pedagang Asongan dan UMKM yang terdampak Corona, Pemkab Batanghari siapkan anggaran sebesar Rp. 7,5 miliar, dari perjalanan dinas dari setiap OPD.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Batanghari Syahirsah, pada sejumlah awak media pada Kamis (02/04/2020).

Baca juga : Tak Beres Proyek 4,8 Milyar, Dinas PUPR Batanghari Dilaporkan

Bantuan Batanghari Tunai (BBT) ini, akan diberikan kepada setiap Kepala Keluarga (KK) di Batanghari, sebanyak 27.407 yang tersebar di delapan Kecamatan.

Bupati mengatakan, BBT tersebut merupakan ungkapan kontribusi Pemerintah Daerah, kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi disaat wabah Covid-19 ini.

Ia juga menambahkan, penerima bantuan ini nanti akan diberikan kepada 27.407 KK, dan itu diluar dari Bantuan Sosial dari Pusat.

Selain itu, BBT ini juga akan diberikan selama tiga bulan kedepan, terhitung daru Maret hingga Mei 2020 mendatang.

“Satu KK menerima Rp. 150 ribu/bulan, dimana bulan Maret akan direalisasikan sebanyak 50 persen. Ini terhitung dari tanggal 15 Maret,” ujar Bupati Batanghari itu.

Tak hanya itu, dirinya juga membeberkan dana yang disiapkan oleh Pemkab Batanghari untuk BBT ini, yakni mencapai Rp.7,5 miliar/bulan. Dimana didapat dari dana perjalanan dinas, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Daerah Tahun 2020.

“Kita siapkan Rp. 7,5 miliar dari anggaran empat item, yakni perjalanan dinas, Bintek, ATK, dan cetak,” paparnya.

Lihat juga video : Disergap Polisi Siswa di Merangin Kocar-kacir

Sementara itu, untuk kriteria KK yang berhak menerima BBT ini, yakni buruh tani karet, pedagang asongan, dan UMKM.

“Untuk proses penyaluran teknisnya pihak Bank Jambi, dan tidak menutup kemungkinan BBT dapat ditambah lagi jika situasi semakin genting,” tuturnya. (*/Red)