Virus Corona hingga saat ini masih terus menyebar dan menginfeksi banyak orang. Cara penularan Virus Corona menurut peneliti umumnya terjadi lewat sentuhan.

Cara Penularan Virus Corona Menurut Peneliti

Berita Viral Nasional

JAKARTA – Virus Corona hingga saat ini masih terus menyebar dan menginfeksi banyak orang. Cara penularan Virus Corona menurut peneliti umumnya terjadi lewat sentuhan.

Covid-19 penyebarannya sangat cepat. Itulah mengapa WHO (World Health Organization) memperingatkan masyarakat untuk melakukan tidakan pencegahan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer.

Kemudian membersihkan permukaan yang sering tersentuh dengan disinfektan, dan melakukan social distancing atau jarak sosial.

Kenapa cuci tangan dengan sabun sangat penting? Karena menurut Kirsten Hokeness, profesor dan ketua departemen ilmu pengetahuan dan teknologi di Bryant University dan seorang ahli imunologi, virologi, mikrobiologi dan kesehatan manusia dan penyakit, cara penularan virus corona yang paling umum terjadi adalah melalui kontak langsung dengan cairan pernapasan pasien terinfeksi Corona.

Cara penularan virus corona tersebut bisa berlangsung saat pasien Corona batuk atau bersin, kemudian virus dan bakteri tersebut dipindahkan dari tangan ke hidung atau mulut orang orang lainnya. Walaupun demikian, sampai saat ini penelitian mengenai Covid-19 atau virus Corona masih terus berlanjut.

Baca Juga : Hasil Penelitian, Virus Corona Bisa Bertahan di Udara 3 Jam

Baca Juga : Kabar Baik Untuk Petani Karet, PT Remco Ternyata Masih Buka

Riset lain dilansir Detik.com juga mengungkapkan virus Corona dapat hidup beberapa hari di permukaan yang keras dan tidak berpori. Sedangkan pada permukaan berpori seperti kain atau kardus, virus tersebut hanya akan bertahan selama 24 jam.

Penelitian dalam The New England Journal of Medicine juga menemukan berapa lama virus dapat bertahan pada permukaan dan udara. Sebagai gas aerosol yang melayang di udara virus dapat bertahan hingga 3 jam, sedangkan pada tetesan pernapasan cenderung akan jatuh lebih cepat ke tanah. Pada plastik dan stainless steel virus bisa bertahan hingga 3 hari dan pada tembaga sekitar 4 jam. (*/Red)

#dirumahaja

#viruscorona