Mewabahnya Corona menganggu aktifitas. Mencegahnya meluas pemerintah segera lockdown Jambi, berikut ini 5 saran mantan Ketua Umum HMI Jambi.

Segera Lockdown Jambi, Ini 5 Saran Mantan Ketum HMI

Berita Daerah Nasional

JAMBI – Melihat mewabahnya Virus Corona di Provinsi Jambi, memang menganggu aktifitas sosial. Meski begitu, mencegah penyebaran semakin meluas pemerintah segera lockdown, berikut ini 5 saran mantan Ketua Umum HMI Jambi.

Pemerintah disampaikan harus mengambil sikap yang tegas dengan pertimbangan keselamatan masyarakat lebih prioritas. Hal ini karena menyangkut kesehatan dan kehidupan orang banyak.

“Saya Tengku Gilang Pramanda  menegaskan kepada Pemerintah untuk segera me Lockdown status Provinsi Jambi dalam segala aktivitas kemasyarakatan dan mendirikan posko – posko di setiap titik penyebaran wabah Covid 19,” ujarnya, Sabtu (28/03/2020) siang.

Mengingat semakin masifnya penyebaran virus corona berdasarkan data terakhir, Jumat (28/03/2020) mencapai 1011 Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 22 orang yang tersebar di kabupaten/kota.

Lonjakan dari 783 ODP menjadi  1011 ODP tersebut terjadi di sejumlah kabupaten yakni Kabupagten Batanghari yang mulanya 52 kasus menjadi 211 ODP. Kenaikan lebih dari 50 persen.

Selain itu, Sungai Penuh dari 5 menjadi 7. Disusul Bungo dari 18 ODP meningkat hingga 108. Tebo yang sebelumnya 92, menjadi 98 ODP. Namun ada penurunan ODP yakni di Kota Jambi yang sebelumnya 258 ODP menjadi 221 ODP

“Masyarakat harus waspada, karena memang saat ini mengalami peningkatan dalam jumlah ODP maupun PDP,” ungkap Gilang

Berdasarkan sumber data di atas, sangatlah signifikan kenaikan penyebaran dan kasus virus covid 19 di Jambi.

“Menurut hemat saya, lockdown adalah sikap yang arif dan bijaksana. Karena kita menyadari rendahnya dan terbatasnya peralatan antisipasi penyebaran virus serta kurangnya petugas medis baik umum maupun profesional. Ditambah belum ditemukanya obat yang dapat menyembuhkan Virus tersebut,” katanya.

Baca Juga : Bantah Status Siaga, Ini Penjelasan Bupati Muaro Jambi

Baca Juga : Kabar Baik Untuk Petani Karet, PT Remco Ternyata Masih Buka

Saran Lockdown Jambi

Gilang menyarankan lockdown Ini dilakukan dengan segera dengan cara :

  1. Menutup akses transportasi di perbatasan Provinsi Jambi. Baik dari Lintas timur dan Lintas Barat dan Pelabuhan dengan mendirikan Posko. Melarang orang yang keluar dan masuk diperbatasan mengingat identifikasi penyerangan virus sulit untuk di deteksi.
  2. Mendirikan Posko-posko pelayanan di setiap tempat yang dirasa penting dan mengundang keramaian.
  3. Meminta para investor yang berinvestasi di jambi membantu secara masif pencegahan virus dengan penuh.
  4. Melibatkan semua Stake Holder Ormas, OKP dan Mahasiswa dalam memberikan sumbang saran dalam rangka merumuskan solusi dari peristiwa mewabahnya Covid 19 Di Provinsi Jambi.
  5. Menyiapkan masker. Masyarakat sulit mendapatkan masker, bahkan terjadi kapitalisasi masker.